Tanggapi Perseteruan AS-Tiongkok, UNIQLO Memilih Netral

0
trade war

Menurut laporan Nikkei Asian Review baru-baru ini, Kepala Eksekutif perusahaan induk Uniqlo, yaitu Fast Retailing, Yanai Tadashi menyatakan, Uniqlo maupun perusahaannya tidak akan memihak siapa pun di antara Tiongkok dan AS yang hubungannya tengah tegang

Sebelumnya Yanai menolak untuk berkomentar apakah ia menggunakan kapas Xinjiang, dan apakah khawatir akan diboikot oleh Tiongkok. Yanai menyatakan, dirinya ingin memelihara kenetralan di antara Tiongkok dan AS walaupun AS ingin memaksa perusahaan untuk “setia.” Sedangkan dirinya hanya ingin menyatakan tidak ingin terlibat dalam permainan semacam itu.

Yanai menunjukkan, pada masa lalu, sikap AS terhadap Jepang sama dengan sikapnya terhadap Tiongkok pada saat ini. Mobil-mobil di AS yang diimpor dari Jepang dirusak. Toyota dipanggil Kongres AS di bawah asas praduga bersalah karena penarikan mobilnya. AS mempunyai kecenderungan melakukan hal ini terhadap semua lawan potensialnya. Yanai menyatakan, sejatinya, di belakang perang kata-kata antara kedua negara besar global, hubungan ekonomi AS-Tiongkok sebenarnya baik.

“Arus modal dan perdagangannya stabil. Modal keuangan AS sedang mengalir ke pasar Tiongkok. Produk Perusahaan Apple semuanya buatan Tiongkok.”

“Ekspor Tiongkok ke AS pun meningkat,” katanya, dan menambahkan, di bidang ekonomi, kemajuan terus terjalin dengan lancar antara Tiongkok dan AS.

KAORI Newsline | Sumber: HALO Jepang

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.