Sosok makhluk astral/supranatural seperti setan, demit, siluman, dan sejenisnya merupakan salah satu fenomena kultural yang ada di setiap bangsa, sebagai pengingat bahwasanya kita tidak sendiri di dunia ini. Tak terkecuali dengan Jepang. Makhluk-makhluk astral dari Jepang yang disebut sebagai Yokai merupakan salah satu fenomena kultural rakyat Jepang yang telah divisualisasikan dalam berbagai media seperti lukisan, cerita rakyat, film, mainan, dan media kesenian lainnya.

Pada tanggal 16 hingga 27 Juni 2022 lalu Japan Foundation bekerjasama dengan Bentara Budaya Jakarta dan Museum Yokai Jepang Museum Miyoshi Mononoke) menggelar pameran bertajuk Yokai Parade: Supernatural Monsters from Japan. Dalam acara Yokai Parade ini dipamerkan berbagai budaya per-Yokai-an di Jepang dari masa ke masa dengan berbagai medianya masing-masing. Publik diajak melihat bagaimana masyarakat Jepang memandang Yokai melalui berbagai media dari masa ke masa, seperti gulungan gambar, nishiki-e (cetak balok kayu berwarna), hingga media film dan mainan.

KAORI Nusantara sempat mengunjungi pameran Yokai Parade yang diselenggarakan di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah ini dan mengabadikan sejumlah pameran-pameran yang tersedia. Berikut adalah foto-fotonya:

Acara Yokai Parade ini akan kembali digelar, tepatnya di Surabaya. Pameran di Surabaya akan diselenggarakan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, pada tanggal 13 Juli hingga 2 Agustus 2022.

KAORI Newsline

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.