Membicarakan soal event-event Jejepangan di Samarinda mungkin tidak akan lengkap dengan hadirnya beberapa event besar yang akan segera hadir dan diadakan di kota Samarinda Kalimantan Timur, salah satu event besar itu ialah Jmost dari Infinity.

Panggung Utama

Jmost (yang dulunya sempat bernama Jmoost ini) merupakan salah satu event Jejepangan terbesar dan juga tertua yang pernah diselenggarakan di Samarinda selain AnimeFest dari SORA. Dibuat khusus oleh Infinity, salah satu event Organizer Jejepangan selain SORA di Samarinda. Jmost telah diselenggarakan sejak tahun 2016 lalu dan di tahun 2022 menjadi edisi yang kelima. Sempat vakum selama kurang lebih 2 tahun sejak terakhir diadakan pada tahun 2020, akhirnya The Amazing Jmost kini bisa kembali hadir dan diadakan pada tanggal 19-20 November tahun 2022.

Event Jmost kali ini diselenggarakan di Mall Plaza Mulia Samarinda di lantai 4 yang tepat bersampingan dengan CGV Samarinda dan bekas area permainan Fun World yang sudah lama tutup. Edisi kali ini ikut menampilkan banyak sekali acara mulai dari kompetisi J-Song, kompetisi Fan-Art, dan yang paling utama kompetisi Cosplay dan Coswalk di hari terakhir event.

 

 

 

 

 

Event ini juga menjadi sangat spesial karena juga menghadirkan beberapa komunitas Jejepangan di kota Samarinda, di antaranya Komunitas Itasha dan Itashen Samarinda, Komunitas Papercraft Art atau Paper Replika Indonesia (Peri), dan Komunitas IndoTekken Samarinda. Komunitas Tekken adalah yang paling ramai dikunjungi, karena di sini kita bisa menyaksikan dan menonton pertarungan antar pemain profesional game Tekken 7 di Samarinda, bahkan komunitas ini juga sedikit membuat mini turnamen menjelang akhir acara event tersebut.

 

 

 

 

Sebagai event besar, Infinity juga menyediakan banyak sekali booth atau tenant untuk komunitas Jejepangan yang ingin menjual dan menjajakan merchandise milik mereka, mulai dari merchandise hasil buatan tangan seperti stiker, poster, kipas, pin, sampai pada permainan mini games seperti Gacha dan penjualan action figure.

 

 

 

Event ini juga tambah meriah dengan hadirnya beberapa bintang tamu cosplayer terkenal di Samarinda yang menjadi salah satu dewan juri penilaian lomba cosplayer. Bintang tamu tersebut ialah Cosplayer Yagaichi, Eru, Haru, dan Anizu Chie. Selain itu event tersebut juga dimeriahkan dengan hadirnya beberapa special performance dari beberapa grup talenta dari Samarinda seperti Band Mirror Skema sampai ke talent unik lainnya seperti Samarinda Beatbox dan talent idol.

Jalannya lomba yang diadakan dua hari pun berlansung dengan lancar. Hari pertama diisi dengan lomba J-Song dan hari kedua diisi dengan lomba cosplay dan coswalk. Setiap peserta dalam lomba tersebut masing-masing menunjukan perfoma dan skill terbaik yang mereka miliki dengan sangat luar biasa. Khususnya untuk lomba cosplayer, para peserta dengan sangat kreaktifnya bisa dapat menciptakan suasana yang sesuai dengan tema cosplaynya yang mereka tampilkan di atas panggung utama.

Seperti halnya dengan cosplayer dari game NIER Automata yang berani tampil beda dan luar biasa dengan memperagakan salah satu scene di dalam game tersebut. Lalu juga ada cosplayer Ken dan Ryu dari game Street Fighters yang juga sangat hebat memperagakan adegan fighting duo friendly rival dari icon karakter game fighting tersebut. Begitupun juga buat peserta cosplayer lainnya yang juga dengan sangat berani tampil dengan kostum dengan tema yang unik seperti contohnya cosplayer Nyi Roro Kidul yang satu ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak hanya lomba cosplay, bahkan lomba coswalk yang juga dibuat khusus untuk para pemula yang baru saja masuk di dunia cosplayer pun juga ikut menampilkan beberapa improvisasi yang mereka tunjukkan terhadap karakter yang mereka perankan. Ada yang memperagakan adegan pertarungan bahkan ada satu orang cosplayer yang mampu memerankan dua karakter sekaligus. Seperti contohnya cosplayer Anya Forger yang bisa berubah menjadi Yor Forger dari anime Spy X Family. Selain diikuti oleh orang dewasa, lomba coswalk ini juga turut diikuti oleh cosplayer anak-anak juga meskipun tidak terlalu banyak. Mereka juga tampil hebat dengan berani maju di ke depan panggung.

 

 

 

 

 

 

Meskipun banyak cosplayer yang mengikuti perlombaan, tapi tidak sedikit juga cosplayer yang datang ke event ini untuk sebatas menyalurkan hobinya saja sebagai sebuah komunitas Cosplayer Samarinda. Ada cosplayer yang berani tampil beda dengan mengcosplay karakter dirinya yang keluar dari pattern seperti contohnya cosplayer Primogems dari game Genshin Impact, dan masih banyak lagi cosplayer lainnya yang tampil menarik dengan memperankan karakter-karakter populer mulai dari berbagai anime, game, Tokusatsu, dan pop culture lainnya.

 

 

Kesimpulannya, event Jmost kali ini berlangsung dengan sangat meriah meskipun untuk pertama kalinya diadakan di tempat indoor seperti Mall yang jauh berbeda di event dua tahun sebelumnya yang diadakan di tempat luas secara outdoor di GOR Segiri. Meskipun tidak begitu luas, antusiasme para cosplayer dan pengunjung di event ini masih tetap besar meskipun event tersebut sudah hampir vakum kurang lebih 2 tahun tapi tidak mengurangi keseruan dari salah satu event besar Jejepangan di Samarinda. Semoga pada tahun depan, event Jmost seperti ini bisa kembali lagi hadir Samarinda.

KAORI Newsline

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.