BAGIKAN

put on

Put On. Pelopor komik strip di Indonesia akan diterbitkan ulang. Jika tidak ada halangan, komik yang dipercaya sebagai komik strip dan humor pertama di Indonesia ini akan diterbitkan ulang oleh Penerbit PT. Suara Harapan Bangsa dan Pustaka Klasik pada bulan Desember 2014.

10172707_10204972263973618_933758591671877944_n

Advertisement Inline

Ditulis oleh Kho Wan Gie (1908 – 1983), komik strip ini bercerita mengenai Put On, seorang pria bujangan gendut dari keturunan Tionghoa kelas menengah yang lugu dan konyol yang tinggal bersama ibunya (Nek) dan dua adiknya, Tong dan Peng. Kadang-kadang muncul pula teman baiknya, A Liuk, A Kong (wakil dari kaum totok), O Tek (wakil dari Tionghoa Belanda).

Seperti umumnya komik strip pada saat ini, selain berisi cerita tentang kehidupan sehari-hari, Put On juga menceritakan kondisi yang tengah terjadi pada masyarakat Jakarta di masa itu dengan topik dalam komik strip tersebut terkadang menyangkut masalah-masalah yang dihadapi orang-orang keturunan Tionghoa pada masanya.

Dalam buku Jakarta-Batavia: Esai Sosio-Kultural, Myra Sidharta menyebut, sepanjang lebih dari 30 tahun, Put On menjadi panutan bagi para pembaca Sin Po yang kebanyakan orang Tionghoa peranakan di Indonesia. Karena jangka waktunya sebegitu lama, kita bisa mengikuti perubahan yang terjadi pada peranakan Tionghoa, terutama yang tinggal di Jakarta, lewat komik Put On.

Perubahan itu bersifat politis, sosial, dan budaya. Selama periode itu, Put On membantu mereka melihat perubahan yang menjengkelkan, atau bagi sebagian orang menakutkan, melalui sudut pandang berbeda, yaitu sudut pandang komik.

Put On sendiri berasal dari ejaan Hokkian (Fujian) dari Bu An atau “Si Gelisah”. Hal ini mungkin dimaksudkan sebagai cerminan dari masyarakat saat itu yang selalu mengalami “kegelisahan” karena keadaan dan situasi politik yang tidak menentu.

buku put on

Dalam sejarahnya, Put On diserialisasikan melalui Koran Sin Po, Majalah Pantja Warna, dan Harian Warta Bakti pada tahun 1930 sampai 1965 dengan beberapa komiknya sendiri pernah dikompilasikan dalam sebuah komik cetak beberapa waktu yang lalu. Adapun komik strip Put On yang akan diterbitkan kembali ini akan mengambil naskah-naskah komik yang sebelumnya diserialisasikan pada Koran Sin Po.

Dengan dibanderol harga sebesar 110.000 Rupiah, komik ini akan tersedia dengan format 17 cm x 25 cm Hard Cover setebal 156 halaman.

KAORI Newsline | Courtesy of Erwan Sofyan‎ | Additional Info by KOMPAS, DBKomik, & Wikipedia

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.