Ulasan Anime: Strike Witches Operation Victory Arrow 1

0

Strike Witches Operation Victory Arrow - 01 - 1

Berbicara mengenai militer moe pasti tidak lepas dari salah satu pelopornya, Strike Witches. Pada musim Gugur 2014, episode pertama dari OVA seri ini telah dirilis.

Strike Witches Operation Victory Arrow - 01 - 2

Sebagai pelengkap seri Strike Witches, rangkaian OVA berjudul Strike Witches: Operation Victory Arrow dirilis demi melengkapi kekosongan cerita antar musim kedua Strike Witches dan Movie nya yang rilis di tahun 2012. Operation Victory Arrow ini sendiri hanya merupakan tiga cerita pendek tentang kehidupan para Witches setelah akhir dari Operation Mars di kisah Strike Witches II, dimana para Strike Witches dibubarkan dan Yoshika kembali ke Fusou.

Advertisement Inline

Strike Witches Operation Victory Arrow - 01 - 42

Fokus dari episode pertama Operation Victory Arrow adalah karakter-karakter dari Karsland yang kini bertugas di markas St. Trond di Kerajaan Belgica. Karsland sendiri merupakan Jerman di versi dunia Strike Witches, dan tiga karakter utama dari seri Strike Witches yang muncul sebagai karakter utama di episode pertama adalah Erica Hartmann, Gertrude Barkhorn, dan Minna-Dietlinde Wilcke.

Strike Witches Operation Victory Arrow - 01 - 6

Dikisahkan dalam OVA ini, Erica, Trude dan Minna kedatangan tamu sementara Heidemarie sang letnan sedang keluar. Tamu tersebut adalah Ursula Hartmann, adik kembar dari Erica yang selain merupakan Witch, juga merupakan seorang peneliti. Ursula datang membawa oleh-oleh sekaligus mendapatkan izin dari Minna untuk percobaan senjata model baru, diantaranya MK-214 50mm Cannon sekaligus dengan Jet nya.

Strike Witches Operation Victory Arrow - 01 - 8

Dikisahkan dalam OVA ini, Erica, Trude dan Minna kedatangan tamu sementara Heidemarie sang letnan sedang keluar. Tamu tersebut adalah Ursula Hartmann, adik kembar dari Erica yang selain merupakan Witch, juga merupakan seorang peneliti. Ursula datang membawa oleh-oleh sekaligus mendapatkan izin dari Minna untuk percobaan senjata model baru, diantaranya MK-214 50mm Cannon sekaligus dengan Jet nya. Meskipun Trude sangat antusias untuk mencoba senjata model baru yang dibawakan Ursula, Erica sangat menentang hal tersebut. Namun serangan tiba-tiba para Neuroi berhasil mengubah pendapat Erica, terhadap senjata tersebut maupun soal Ursula.

Strike Witches Operation Victory Arrow - 01 - 38

Di OVA ini, meskipun karakter-karakter Karsland mendapatkan porsi muncul yang hampir sama, fokusnya adalah pada Erica dan persaudaraannya dengan Ursula. Hubungan persaudaraan mereka yang erat sebagai saudara kembar bisa dibilang menjadi kunci dari cerita pendek ini. Sisi keras kepala Erica yang biasanya terlihat santai dan pemalas benar-benar diperlihatkan dalam OVA ini.

Strike Witches Operation Victory Arrow - 01 - 28

Seperti selayaknya Strike Witches, episode ini memiliki cukup fanservice dan pantyshot. Namun kali ini fanservice tersebut terselubung dalam adegan pertarungan yang animasinya cukup memanjakan mata. Dengan gabungan animasi 2D dan 3D, para Witches yang bertarung melawan Neuroi bergerak luwes di udara.

Strike Witches Operation Victory Arrow - 01 - 44

Secara cerita, episode ini sangatlah simpel dan mudah dimengerti, dimana semua berakhir baik karena tali persaudaraan dan rasa percaya. Namun, terasa bahwa tidak ada adegan yang terlampau sia-sia di OVA kali ini. Alur cerita dibawakan dengan baik, namun unsur Moe yang kental kembali mengingatkan bahwa Strike Witches memang hanya untuk penggemar servis gadis manis dan militer gaya moe.

Strike Witches Operation Victory Arrow - 01 - 46

Satu lagi, di akhir OVA, ada satu klip mengenai Yoshika Miyafuji yang kembali ke negara asalnya, yang menurut saya menjadi tambahan yang bagus sebagai penutup episode kali ini. Selanjutnya, bisa kalian simak dari beberapa cuplikan di bawah ini:

KAORI Newsline | Oleh Aya Yuuhi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.