mochi

Kue mochi adalah salah satu panganan manis yang biasa dihidangkan saat Tahun Baru di Jepang. Rasanya yang legit dan lekat serta tidak terlalu manis membuat hidangan ini dinanti banyak orang. Tetapi siapa sangka kue ini bisa merenggut nyawa?

Setidaknya itu yang terjadi. Awal tahun ini, koran Yomiuri melansir berita 128 orang dilarikan ke rumah sakit karena memakan kue mochi. Sembilan di antaranya terpaksa menghembuskan nafas terakhirnya. Di Tokyo, 18 orang dilarikan ke rumah sakit dan tiga di antaranya tewas. Apa alasannya?

Advertisement Inline

Ternyata para korban tersedak saat memakan kue ini. Kue mochi yang lengket rupanya tidak mampu ditelan dengan baik oleh para korban (yang umumnya sudah lanjut usia.)

Walau terdengar konyol, kasus tersedak kue mochi rupanya menjadi masalah penting. Pemerintah bahkan mengumumkan maklumat agar warga memotong kue mochi dalam ukuran kecil sebelum memakannya. Tidak hanya itu, pemerintah menganjurkan agar warga juga mempelajari prosedur P3K bila tersedak kue ini.

Selain itu, para pembuat kue ini pun dihimbau agar tidak membuat mochi yang terlalu lekat dan legit agar mudah dikonsumsi.

KAORI Newsline | ilustrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.