BAGIKAN

sao_2 4

Tahun 2014 lalu, studio A-1 Pictures kembali mengadaptasi novel ringan karya Kawahara Reki yang berjudul Sword Art Online. Disutradarai oleh Tomohiko Itou (Anohana, Death Note, Ao no Exorcist), seri anime Sword Art Online II ditayangkan sepanjang 24 episode selama musim panas hingga akhir musim gugur 2014 kemarin, atau sekitar bulan Juli hingga Desember 2014.

Shingo Adachi (Black Rock Shooter, Mirai Nikki, Love Hina) kembali bertugas sebagai desainer karakter dari seri novel ringan yang diilustrasikan oleh abec ini. Seri anime Sword Art Online II ini merupakan salah satu anime dengan genre aksi yang dibalut dengan tema permainan virtual online game.

Sinopsis

Advertisement Inline

Dalam paruh kedua penayangannya ini, seri anime Sword Art Online II menyajikan cerita Calibur yang diadaptasi dari salah satu bab di novel ringan volume ke-8 serta Mother’s Rosario yang diadaptasi dari novel ringan karangan Kawahara Reki volume ke-7.

calibur

Pada arc Calibur mengisahkan mengenai pencarian akan item legendaris berupa pedang bernama Calibur. Sejak update terbaru dari game Alfheim Online, muncul sebuah quest baru dimana pemain yang bisa menyelesaikan quest ini akan mendapatkan pedang legendaris Calibur. Merasa tertantang, kawanan Kirito, Asuna, Lyfa, dan yang lainnya pun segera pergi menuju Jotunheimr untuk melaksanakan quest event tersebut. Namun Lyfa yang berteman baik dengan salah satu monster di Jotunheimr merasa ada sesuatu yang aneh dibalik quest berhadiah calibur tersebut. Sebuah rencana penyerangan oleh salah satu raksasa diduga berada dibalik keanehan quest yang menggemparkan pemain ALO tersebut. Kirito dan kawan-kawan pun harus menghentikan rencana penyerbuan para monster yang diduga akan mengambil alih Alfheim dengan membangkitkan kembali Ragnarok, peperangan antar para dewa.

sword art online - mother's rosary

Cerita pada Mother’s Rosario berjarak dua minggu setelah apa yang terjadi pada arc Calibur. Suatu hari ALO dihebohkan dengan kemunculan seorang karakter yang selalu mengadakan duel dengan para pemain di suatu lantai di New Aincrad. Rumor menyebutkan bahwa tidak ada satu orangpun yang dapat mengalahkan pemain bernama Zekken yang dapat melakukan 12 rangkaian serangan menggunakan OSS miliknya dalam sebuah duel. OSS (Original Sword Skill) merupakan sebuah sistem baru dimana pemain dapat membuat skill sendiri dengan menggunakan senjata jarak pendek. Merasa  penasaran Asuna pun menghampiri karakter bernama Zekken tersebut. Pertemuan Yuuki Konno dengan Asuna pun membuka gerbang petualangan baru. Di sisi lain, Asuna harus menghadapi konflik dengan ibunya yang tidak setuju terhadap hobi bermain game Asuna dan juga ingin mengajak Asuna untuk pindah sekolah demi menjadikannya seorang pelajar yang sukses.

Menyajikan Suatu Hal yang Baru

Secara keseluruhan bisa dibilang bahwa musim kedua seri anime Sword Art Online ini menyajikan suatu hal yang benar-benar baru dibanding musim pertamanya. Jika pada musim pertama menyuguhkan aksi pertarungan pedang dalam game Sword Art Online, namun musim kedua ini diawali dengan aksi tembak menembak dalam game bergenre FPS, Gun Gale Online.

Dalam paruh kedua penayangannya, seri anime ini memang mengadaptasi dua kisah pada novel ringannya, namun yang terlihat lebih mencolok adalah kisah Mother’s Rosario. Kisah Caliber yang diadaptasi dari side story novel volume ke-8 ini terasa seakan hanya menjadi episode pengisi kekosongan jumlah episode yang ada karena Caliber hanya diceritakan dalam 3 episode saja.

sao_2 2

Meski demikian, dalam kisah Caliber ini, tema game online yang menjadi tema utama dari seri anime Sword Art Online justru terasa lebih kental dibandingkan kisah-kisah sebelumnya. Aksi Kirito, Asuna, Lyfa, dan teman-teman lainnya yang bertarung dalam satu party untuk menjalani sebuah quest berhasil membawakan ketegangan pertarungan seperti dalam game online serupa.

Alih-alih adegan pertarungan asal pukul seperti yang sudah-sudah, pertarungan dalam kisah Caliber ini dibawakan dengan gaya seperti pada game online. Dimana para karakter terbagi dalam berbagai peran (role) sesuai dengan senjata dan skill yang mereka miliki. Seperti Kirito yang mengenakan dual swords yang menjadi pasukan terdepan saat melawan boss karena kemampuannya yang dapat mengeluarkan Sword Skill secara berturut-turut. Di sisi lain, Asuna yang memiliki kemampuan healing dan buffing memilih peran sebagai support yang berada di belakang lini pertarungan dan berfokus untuk menyembuhkan HP serta memberikan status buff kepada teman-temannya. Sinon, karakter baru yang ditemui Kirito dalam game Gun Gale Online ini turut bertarung dalam game Alfheim Online sebagai pemanah yang bertarung dari jarak jauh.

sao_2 1

sao_2 3

Drama yang Mengaduk Emosi

Pada sisa 7 episode terakhir, kisah yang dibawakan adalah Mother’s Rosario, yang diadaptasi dari novel ringan volume ke-7. Kembali lagi sesuatu yang baru dihadirkan dalam kisah ini. Jika sebelumnya seri anime Sword Art Online erat kaitannya dengan keberadaan sang karakter utama pria berambut hitam, Kirigaya Kazuto (Kirito), dalam kisah Mother’s Rosario ini, cerita dibawakan dengan sudut pandang Yuuki Asuna sebagai karakter utama.

zekken a

Tidak hanya sudut pandang saja yang berubah pada kisah Mother’s Rosario ini, namun konten plot yang dibawakan juga lebih terasa unsur dramanya dibandingkan aksi seperti pada kisah Sword Art Online sebelumnya. Dalam Mother’s Rosario ini, emosi penonton akan dihanyutkan kedalam kisah mengenai Yuuki Konno dan teman-temannya yang tergabung dalam guild The Sleeping Knights.

Meskipun mengisahkan mengenai upaya Konno beserta temannya untuk mengalahkan salah satu boss dalam New Aincrad pada game Alfheim Online, namun cerita yang dibawakan lebih menitikberatkan mengenai kenyataan bahwa Yuuki Konno yang periang dan ceria didalam game adalah seorang pasien rumah sakit yang hidupnya sedang berada dalam kondisi kritis.

Unsur drama yang mampu mengaduk emosi ini semakin didukung dengan musik latar yang mampu membangun suasana yang ada. Kembalinya LiSA dengan lagu Shirushi sebagai lagu penutup juga semakin menambah kesan drama yang ada. Jalannya alur cerita yang mengalir tidak terlalu cepat juga tidak terlalu lambat turut serta membangun suasana drama yang dibawakan menjadi lebih mudah untuk dicerna.

vv

Digunakannya sudut pandang Asuna sebagai karakter utama yang berjuang bersama Yuuki Konno menjadikan kisah Mother’s Rosario ini terasa seperti kisah yuri atau romansa antara dua perempuan. Dalam berbagai adegan didapati Asuna yang terus berdua dengan Konno dengan berbagai kedekatannya. Kisah cinta antara Konno dengan Asuna pun serasa tidak lagi menjadi mitos belaka dengan adanya satu adegan dimana Konno melamar Asuna untuk menikah.

yuki

Namun kedekatan antara Asuna dengan Konno ini tidak semata-mata hanya menyajikan kisah yuri saja, kedekatan antara kedua karakter ini ternyata turut membangun emosi yang ada pada bagian dramanya. Dengan hubungan yang sudah terjalin begitu dekat antara Asuna dengan Konno, kesedihan Asuna begitu mengetahui kondisi kesehatan Konno yang semakin memburuk dan bahkan menjelang masa-masa kritis menjadikan unsur drama yang ada lebih terasa.

Kesimpulan

Seri anime Sword Art Online II berhasil membawakan sesuatu yang benar-benar baru dari musim pertamanya. Mulai dari adegan tembak menembak dalam paruh pertama, serta unsur game RPG yang lebih terasa dibanding musim pertamanya. Begitu pula dengan Asuna yang menjadi sosok karakter utama pada kisah Mother’s Rosario benar-benar menyajikan sesuatu yang segar dari seri anime ini.

Lagu pembuka berjudul Courage yang dinyanyikan oleh Haruka Tomatsu mampu membawa kesan enjoy saat menonton seri anime ini. Seri anime ini memang merupakan suatu tontonan yang cukup ringan dan dapat ditonton oleh siapapun. Tidak terlalu menyajikan hal yang terlalu rumit menjadikan seri anime Sword Art Online II ini menarik untuk disimak bagi anda yang suka tayangan yang bernuansa cukup ringan. Selain itu, kuatnya unsur aksi serta drama dalam seri anime ini juga menjadi nilai tambah tersendiri yang ada pada Sword Art Online II

71 KOMENTAR

  1. Pada awalnya ane setuju kalay SAO adalahs salah satu anime terbaik tapi itu semua berubah sejak arc ini menyerang

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.