CLAS:H (Cosplay Live Action Show Hybrid) adalah acara kompetisi Cosplay nasional tahunan. CLAS:H telah dilangsungkan sejak 2011, dan tahun ini adalah tahun ke-5. Babak eliminasi CLAS:H diadakan di 5 kota, dan finalnya akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 9 Mei 2015, di acara Ennichisai Blok M. CLAS:H adalah satu-satunya JPOP Cultre Event yang diadakan di 5 kota.

Menjawab demand dari para pecinta JPOP (pop culture Jepang) dari seluruh Indonesia, CLAS:H juga menghadirkan banyak acara yang berkaitan JPOP Culture seperti musik, anime, dan performing arts.

clash

Advertisement Inline

Cosplay sendiri adalah sebuah kata “slang” yang sangat mendunia sebagai bagian pop masa kini. Asal kata Cosplay adalah dari bahasa Inggris yaitu Costume + Play. Istilah cosplay, pertama kali digunakan di Jepang untuk menyebut kegiatan penggemar karakter animasi atau tokusatsu yang memakai pakaian ala karakter tersebut. Saat ini cosplay telah membawa para cosplayer (pemakai cosplay) kepada level yang berbeda. Bukan lagi sekedar hobi, melainkan kompetisi tingkat internasional. Kualitas cosplay Indonesia telah diakui di mancanegara salah satunya, dengan menjadi juara di ajang-ajang internasional.

Kompetisi Cosplay Nasional Indonesia

clash 1

Kompetisi cosplay dengan menampilkan pertunjukkan teatrikal dan aksi yang didukung oleh background music dan permainan lighting. Babak eliminasi akan diselenggarkan di 5 kota. Pemenang dari setiap kota akan diundang ke Grand Final di Jakarta.

Aturan Dasar

  • 2 orang 1 tim
  • Kostum harus buatan sendiri
  • Durasi 3 menit
  • Harus menyiapkan background sound
  • Harus menyiapkan background video

Hadiah Utama

  • Uang tunai Rp10.000.000
  • Tiket PP ke Jepang untuk 2 orang

CLAS:H Kolaborasi Dengan Tokyo Game Show

Tokyo Game Show adalah video game expo tahunan terbsesar yang diselenggarakan di Jepang sejak 1996. (pengunjung: 250.000 orang)

keiji

Tokyo Game Show mengundang cosplayer dari manca negara, dan salah satunya Indonesia. Tahun ini CLAS:H kolaborasi dengan Tokyo Game Show untuk kedua kalinya, dan CLAS:H adalah acara official untuk pemilihan perwakilan Indonesia.

Pihak Tokyo Game Show akan memilih perwakilan dari Indonesia melalui foto yang diambil dari Single Cosplay Competition yang diselenggarakan di 5 kota.

Babak Eliminasi World Karaoke Grand Prix

World Karaoke Grand Prix (WKG) adalah lomba cosplay karaoke yang diadakan di Nagoya, Jepang. WKG diselenggarakan oleh World Cosplay Summit.

CLAS:H mengadakan babak penyisihan untuk regional Indonesia. Pemenang dari setiap kota akan mengikuti semi final di Ennichisa Blok M. Pemenang akan menjadi perwakilan Indonesia di World Karaoke Grand Prix.

Yang membuat kompetisi menyanyi ini berbeda dari kompetisi karaoke lainnya adalah para pesertanya yang bukan hanya menyanyikan lagu anime/tokusatsu tapi juga menunjukkan kreativitasnya dalam bercosplay.

Aktivitas Lainnya

Seiyuu Contest (seiyuu: dubber/pengisi suara)

Dunia anime yang begitu pesat berkembang di Indonesia, membuat CLAS:H menghadirkan seiyuu contest yang merupakan ajang unjuk bakat dan antusiasme para pecinta anime yang terinspirasi menjadi para seiyuu seperti pada seiyuu dalam beberapa anime.

Cosplay Parade

Jangan lewatkan parade single Cosplay CLAS:H yang meriah, yang menampilkan berbagai macam karakter dan peran unik yang mengajak kita untuk ikut masuk kedalam warna-warni dunia cosplay.

clash 2

idol

 

saga

kato

redshift

 

 

International Cosplayer Guest

aza

Local Cosplayer Artist Performance

sen

KAORI Newsline | Isi dari siaran pers tidak mencerminkan sudut pandang maupun kebijakan editorial KAORI Nusantara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.