Setelah Miyazaki, Bagaimana Nasib Studio Ghibli?

0

studio ghibli

Setelah sang maestro Hayao Miyazaki memutuskan pensiun pada tahun 2013 lalu, bagaimanakah nasib Studio Ghibli kini? Salah satu pendisi dan produser Studio Ghibli, Toshio Suzuki memaparkan bahwa Ghibli saat ini secara resmi masih ada namun hampir tidak memiliki aktivitas apapun dan belum ada rencana mengenai langkah ke depannya untuk studio yang telah berdiri sejak tahun 1985 tersebut.

Didirikan oleh Hayao Miyazaki bersama Toshio Suzuki dan Isao Takahata pada 1985, setiap tahunnya Studio Ghibli memproduksi berbagai film animasi, seperti Nausicaa yang melambungkan nama Hideaki Anno, Kiki’s Delivery Service, Spirited Away, dan film terakhir dari studio ini, When Marnie Was Here, dirilis pada 19 Juli lalu di bioskop Jepang. Di Indonesia, film terakhir Hayao Miyazaki, The Wind Rises telah diputar di jaringan bioskop Blitzmegaplex pada tahun 2014 lalu.

Setelah Hayao Miyazaki memutuskan untuk pensiun, divisi animasi dari Studio Ghibli sempat dikabarkan akan ditutup meski belakangan diumumkan bahwa penutupan tersebut hanya sementara.

Advertisement Inline

KAORI Newsline | Sumber

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.