BAGIKAN

Man_At_Arms_FFX_F

Program web-series dwi-mingguan yang menayangkan proses pembuatan replika senjata yang muncul dalam berbagai film, game, serial televisi, dan animasi, Man At Arms: Reforged kembali merilis episode terbaru. Kali ini, tim pandai besi Baltimore Knife Co. memperlihatkan proses pembuatan katana yang digunakan oleh Auron dalam game Final Fantasy X.

Pada episode kali ini, tim Baltimore Knife Co. menggunakan dua lapis bahan, yaitu lempengan besi untuk lapisan luar, dan potongan rel kereta untuk lapisan dalam, terinspirasi oleh penggunaan rel kereta oleh militer Jepang ketika menjajah Tiongkok pada Perang Dunia II untuk membuat “gun barrel”.

Pengolesan lapisan tanah liat untuk mengeraskan sisi pedang.
Pengolesan lapisan tanah liat untuk mengeraskan sisi pedang.
Pengujian replika katana Auron.
Pengujian replika katana Auron.
Advertisement Inline

Pembuatan replika katana Auron menggunakan beberapa teknik penempaan tradisional Jepang, seperti teknik penempaan basah untuk menghilangkan kerak pada logam yang ditempa, penempaan menggunakan tanah liat untuk meningkatkan kekerasan sisi pedang dan pembuatan pola berwarna kehitaman yang disebut “hamon” (dalam bahasa Jepang berarti pola pedang) dan disempurnakan dengan teknik etching (perendaman dengan larutan asam kuat). Seperti episode Man At Arms: Reforged sebelumnya, replika pedang yang telah dibuat diujicoba untuk menunjukan ketajamannya.

Berikut adalah cuplikan video dari proses pembuatan senjata tersebut:

Man At Arms: Reforged merupakan salah satu web-series yang terdapat di saluran AWE me. Man At Arms: Reforged memfokuskan diri untuk menampilkan proses pembuatan berbagai replika senjata yang terdapat di berbagai serial TV, film, gim, dan animasi secara menarik yang dipandu oleh tim pandai besi Baltimore Knife Co.

Selain katana Auron, Man At Arms: Reforged juga pernah membuat berbagai senjata yang muncul di seri game Final Fantasy lainnya, seperti Gunblade milik Squall (Final Fantasy VIII), pedang Masamune milik Sepiroth (Final Fantasy VII), dan Buster Sword milik Cloud (Final Fantasy VII).

KAORI Newsline.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.