BAGIKAN

halal

Sebanyak sembilan perusahaan Jepang telah mengaplikasi label halal ke LPPOM MUI dan semuanya berjalan dengan baik tanpa masalah. Kecenderungan bahkan semakin banyak perusahaan Jepang yang mau aplikasi label halal ke MUI.

“Semakin banyak perusahaan Jepang yang berusaha aplikasi untuk label halal dan tak ada masalah apapun sampai saat

Advertisement Inline

ini semua berjalan dan terproses dengan baik,” kata Sumunar Jati, Deputy Director LPPOM MUI sebagaimana dilansir oleh Tribunnews.

sumunar-jati-deputy-director-lppom-mui_20150331_131252

Sumunar Jati, Deputy Director LPPOM MUI

Sumunar juga memberikan ceramah di depan sekitar 1.000 pengusaha Jepang di acara ASEAN Investment yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia, BKPM dan ASEAN-Japan Centre siang ini.

Menanggapi belum adanya sertifikasi MUI di Jepang walaupun telah ada Japan Halal Association, menurut Sumunar karena MUI memiliki 7 persyaratan kriteria untuk bisa suatu asosiasi memberikan sertifikasi halal di suatu negara.

“Salah satu persyaratan adalah harus menjadi anggota World Halal Food Council dimana presiden-nya dari Indonesia.

Asia Pacific pusatnya di Taiwan. Saat Jepang aplikasi tentu harus diverifikasi dulu di sana. Mungkin saja macet di sana,” jelasnya.

Sementara itu Duta Besar Indonesia untuk Jepang Yusron Ihza mengharapkan seminar tersebut dapat semakin meningkatkan pengertian dan investasi Jepang ke Indonesia.

“Kita ketahui akhir-akhir ini semakin banyak seminar mengenai Indonesia. Hal ini baik untuk meng-update perkembangan terbaru informasi mengenai investasi di Indonesia. Misalnya mengenai pembentukan sistem perizinan di bawah satu atap sehingga semakin memudahkan pengurusan perizinan investor asing di Indonesia,” kata Yusron.

Seorang pengusaha makanan Jepang Eiji Kawauchi yang punya perhatian besar pada makanan di Indonesia sangat mendukung pelabelan halal di Indonesia.

“Pada dasarnya halal itu mirip dengan pola kerja Jepang yang sehat dan bersih. Kalau dilabeli halal kami yakin itu pasti bersih dan sehat disamping aspek agamanya juga. Jadi pemberian label halal sebenarnya tak ada masalah bagi orang Jepang,” katanya.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.