Ulasan Anime: Shigatsu wa Kimi no Uso

1

shigatsu-wa-kimi-no-uso-episode-1-10

Cukup populer disegala kalangan, anime berjudul Shigatsu wa Kimi no Uso atau Your Lie in April ini akhirnya selesai pada episode 22. Anime garapan studio ternama A-1 Pictures yang bergenre drama, music, romance, school dan shounen ini diadaptasi dari komik karya Naoshi Arakawa. Anime ini disutradarai oleh Ishiguro Kyouhei dan komposer Aketagawa Jin menjadikan anime yang satu ini sangat menarik untuk ditonton.

Shigatsu wa Kimi no Uso - 03 - Large 20

Menceritakan tentang pianis jenius bernama Arima Kosei, seorang anak berumur 11 tahun yang berhasil mendominasi sebuah kompetisi dan menjadi sangat terkenal karena kompetisi itu. Setelah kematian ibunya yang juga menjadi guru pianonya, Kousei mengalami gangguan mental sehingga ia mengalami trauma dan tidak bisa mendengar suara piano yang dimainkannya. Sejak saat itu Kousei tidak pernah menyentuh piano dan sangat menolak apabila ada yang memintanya untuk memainkan piano.

Advertisement Inline

Dua tahun kemudian, Kousei yang tidak pernah menyentuh piano pun merasa dunianya terlalu monoton dan tidak berwarna. Selama dua tahun itu ia ditemani oleh dua orang temannya, Tsubaki dan Watari. Namun kehidupan yang biasa saja itu berubah ketika Kousei bertemu dengan Kaori Miyazono, Seorang anak perempuan cantik yang pandai memainkan violin. Permainan Kaori menunjukan kepribadiannya yang bebas, selalu bersemangat, dan optimis. Kaori yang tertarik dengan Kousei pun mengajaknya untuk menjadi pianist pengiringnya, di mana Kousei dituntut untuk bermain sebebas-bebasnya yang berlawanan dengan gaya permainan Kousei biasanya.

Shigatsu wa Kimi no Uso - 15 - Large 19

Secara keseluruhan Shigatsu wa Kimi no Uso atau biasa disingkat KimiUso ini merupakan tontonan yang menarik untuk disaksikan. Animasi yang dikerjakan oleh Yukiko Aikyou dan Hisayo Usui cukup dramatis sehingga membuat penonton mudah terpana dengan beberapa scene di Anime ini. Komposisi musik yang diarahkan oleh Jin Aketagawa sangat indah hingga penonton dengan mudahnya terbawa suasana. Mengangkat genre yang sudah jarang dilirik yaitu musik merupakan kekuatan utama dari KimiUso. Musik – musik klasik mulai dari Sonata No. 14 Beethoven atau biasa disebut Moonlight Sonata, Sonata No. 9 atau biasa disebut Kreutzer, hingga Chopin`s Ballad No. 1 in G minor, Op. 23 dapat dinikmati di anime yang satu ini. Musik klasik tersebut menjadi salah satu daya tarik sekaligus pelengkap drama dari KimiUso.

Dari segi cerita tidak perlu diragukan lagi. Drama yang ditutupi dengan komedi dibagian awal ini dengan rapihnya menutupi cerita utama yang baru muncul saat episode 9-10. Pemotongan setiap episodenya juga cukup bagus dan selalu membuat penasaran. Drama di episode terakhir cukup mengejutkan dan sulit ditebak apalagi ketika muncul polling perubahan ending di Twitter resmi KimiUso saat episode 21 ditayangkan.

Shigatsu wa Kimi no Uso - OP2 - Large 02

Daya tarik utama dari serial anime ini sebenarnya datang dari lagu pembukanya yang berjudul “Hikaru Nara” buatan Goose House. Musik yang ceria dengan instrumental disertai vokal indah ala Goose House membuat beberapa orang yang awalnya tidak menontonpun akhirnya tertarik juga. Pada paruh kedua ketika lagu pembukanya diganti dengan “Nanairo Symphony” yang dibawakan oleh Coalamode, sempat diragukan bisa menyaingi pamor lagu pembuka pertama. Namun pada akhirnya lagu pembuka kedua inipun tidak kalah catchy dibandingkan yang pertama. Secara keseluruhan untuk lagu pembuka anime ini tidak boleh dilewatkan.

Shigatsu wa Kimi no Uso - OP - Large 05

Kesimpulan

Shigatsu wa Kimi no Uso berhasil mencampurkan drama sekolah ala shonen dengan latar belakang musik klasik. Unsur musik klasik sendiri sangat mendukung cerita di anime ini dan mengingatkan akan anime yang masuk di jam tayang Noitamina sebelumnya yaitu Nodame Cantabille yang mempunyai tema hampir mirip dengan KimiUso. Animasi di anime ini juga sangat bagus dan terus dijaga kualitasnya sampai selesai, tidak ada penurunan kualitas dari segi gambar dari anime ini dan anime ini tetap terlihat tajam dan bagus dalam segala resolusi layar ketika menontonnya. Shigatsu wa Kimi no Uso berhasil menjadi favorit di musim kemarin karena semua hal yang dibutuhkan untuk menarik penonton seperti drama, musik sampai ke animasi dikerjakan dengan baik dari awal sampai akhir. Konsistensi yang A-1 Pictures bawakan di Shigatsu wa Kimi no Uso menjadikan anime ini menjadi salah satu karya terbaik dari studio yang notabene mengeluarkan Sword Art Online.

KAORI Nusantara | Diulas oleh Johann Septian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.