BAGIKAN
gundam g reconguista illust
http://www.pixiv.net/member_illust.php?mode=medium&illust_id=46310014

Seri terbaru dari franchise Gundam, Gundam: Reconguista in G, kerap mendapat celaan dari fans karena arahan dan alurnya yang membingungkan.Mantan Presiden Gainax, Toshio Okada, juga pernah menyatakan pendapatnya bahwa G-reco “sangat buruk dan sulit dipahami”. G-reco juga mendapat hasil yang mengecewakan di anime ranking yang disusun oleh situs streaming Nico Nico Douga.

Dalam wawancara yang ditulis di majalah Gundam Ace edisi Juni, Yoshiyuki Tomino, sang sutradara dan bapak dari seri Gundam sendiri, mengakui bahwa hal tersebut dikarenakan kesalahannya.

Aku hanya akan mendapat 15 poin dari total 100 poin.

entry_img_5010

Tomino memuji detail dari animasinya dan meminta maaf karena dia telah memaksa stafnya untuk bekerja terlalu keras. Dia menduga bahwa storyboard-nya tidak dapat mengimbangi animasinya karena dia membuat storyboard-nya terasa seperti anime robot tahun 70an. Hal tersebut mengakibatkan ceritanya terasa “hilang” di tengah-tengah adegan action-nya, sebuah kesalahan yang fatal.

Prinsip bahwa penulisan cerita harus lebih baik dibandingkan kualitas action-nya benar-benar dibuang.

Terkait kritik yang menyatakan bahwa Gundam Reconguista sulit dipahami, Tomino mengakui bahwa dia memang membuat cerita yang alurnya tidak mudah dipahami.

Jika ada yang bilang kepadaku bahwa seri ini tidak bisa dipahami karena kesalahanku, aku hanya bisa bilang, maaf.
Sejujurnya, aku tidak menyangka bahwa hasilnya akan seburuk ini. Secara fundamental, orang-orang tidak bisa mengikuti cerita yang dibuat dengan cold logic karena hal tersebut akan membuat orang tidak bisa terikat secara emosional dengan ceritanya. Setelah episode 19, kami berusaha memperbaikinya dengan membuat cerita yang lebih mudah untuk diikuti, tapi sayangnya hal itu sudah terlambat. Lewat perjuangan yang sangat keras, kami berhasil menyelesaikan semuanya hingga episode 26.

Saat ditanya apakah menurutnya Gundam Reconguista berhasil menyampaikan tujuannya, Tomino menjawab,

Tidak. Kurasa banyak orang menonton ini karena exteriornya, yaitu adegan actionnya. Tetapi orang-orang yang paling kuharapkan untuk menonton seri ini, orang-orang di kabinet pemerintahan dan para pekerja eneri nuklir, malah mungkin tidak akan menontonnya.

Tomino juga menjelaskan bahwa dia termotivasi oleh hasratnya untuk mempertahankan stafnya yang mayoritas berumur sekitar 40 hingga 50 dan masih terus bekerja. Dia mengungkapkan frustasinya bahwa industri anime yang sekarang tidak menyediakan wadah untuk talenta mereka.

Tidak bisakah kita menggunakan talenta mereka untuk hal yang lebih baik?… Anime tidak bisa diisi semata-mata dengan iyashi-kei dan perempuan cantik.

Tapi saat ditanyai apakah Gundam Reconguista akan mengubah situasi tersebut, Tomino menjawab,

Tidak, karena serinya tidak populer.

Tomino mengakui bahwa anime seharusnya lebih “menyenangkan” daripada apa yang dia buat, tapi mengklaim bahwa dia dirinya tidak bisa membuat hal semacam itu.

Aku memiliki frustasi dengan karya-karya semacam ini secara fundamental dan aku menyadari kalau aku sudah terlalu banyak membuat hal seperti ini.

Dia memprediksi bahwa dia akan lepas dari hal tersebut dalam 50 tahun, dan dia mengakui bahwa “secara pribadi, aku cukup menyukainya.” Tetapi Tomino juga dengan hati-hati mengatakan,

Tentu saja anime juga sebuah hiburan, dan sekarang orang-orang yang berhasil menjual jutaan keping adalah pemenangnya, dan tidak ada masa depan untuk orang-orang di bawahnya. Yang berarti, jika apa yang kau buat tidak terjual, kau tidak bisa memamerkannya.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.