Bosan menemani Shinji yang tetap emo, Asuka dan Rei hadir di Hobbyfest

Awal Mei lalu, tepatnya 2-3 Mei 2015, KHCI (Komunitas Harajuku Cosplay Indonesia) kembali menyelenggarakan perhelatan tahunannya, yakni Hobbyfest. Tahun ini, Hobbyfest 3.0 diadakan masih di venue yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya yakni di Gambir Expo, Arena PRJ Kemayoran, Jakarta Pusat.

Hobbyfest, Festival Berbagai Hobi

Seperti namanya, dalam perhelatan Hobbyfest 3.0 menjadi tempat berkumpulnya berbagai macam hobi. Bisa dibilang inilah keunikan dan ciri khas yang dibawa oleh event ini setiap tahunnya, berbeda dari sekedar acara jejepangan yang hanya menampilkan cosplay semata.

IMG_8363

Advertisement Inline

Menelusuri bagian depan Gambir Expo, pengunjung langsung dihadapkan dengan berbagai booth komunitas yang tersedia. Di acara ini terdapat berbagai komunitas dari berbagai macam hobi yang hadir meramaikan Hobbyfest 3.0. Bagi yang gemar action figure, plamo (plastic model seperti Gundam) serta diorama, terdapat booth display dari komunitas action figure. Menariknya, booth ini menyajikan diorama Gundam dengan tema sekolah bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada hari Sabtu, 2 Mei lalu.

Lelah menjalani kurikulum di sekolah, sebuah robot tengah beristirahat
Lelah menjalani kurikulum di sekolah, sebuah robot tengah beristirahat
IMG_8347
Robot yang ini pun ikutan beristirahat di dalam kelas
IMG_8351
Shingeki no Unicorn
IMG_8339
Berebut gebetan, kedua robot ini saling bertempur

IMG_8355

IMG_8350

Tidak hanya booth display komunitas action figure saja, di Hobbyfest 3.0 juga terdapat berbagai komunitas lain dengan hobi yang berbeda. Bagi yang hobi dengan permainan, disini terdapat booth yang menampilkan permainan tradisional seperti Igo (permainan papan tradisional asal Jepang) hingga permainan kartu modern seperti Yu-Gi-Oh! serta Cardfight!! Vanguard.

Diwarnai Perlombaan Menarik

IMG_8139
Salah satu peserta lomba karaoke di Jakarta Hobbyfest 3.0

Meski memiliki nama Hobbyfest, namun event ini tidak hanya semata-mata menampilkan komunitas hobi saja, pada acara ini juga terdapat berbagai perlombaan yang ramai dihadiri oleh peserta. Salah satu perlombaan yang cukup menarik untuk disimak adalah lomba karaoke, dimana pada lomba ini, masing-masing peserta menyanyikan lagu keahliannya sambil beraksi diatas panggung. Tidak jarang juga ada peserta yang bernyanyi sambil mengenakan kostum cosplay.

IMG_8397

IMG_8201
Peserta lomba cosplay
IMG_8321
Suasana turnamen Cardfight!! Vanguard

Selain lomba yang diadakan dari pihak KHCI, pada Hobbyfest 3.0 juga terdapat berbagai macam perlombaan yang diadakan oleh berbagai booth komunitas yang ada. Salah satu perlombaan yang diadakan oleh booth komunitas tersebut adalah turnamen Cardfight!! Vanguard yang diselenggarakan oleh komunitas Ihsan Capital.

Cosplay Spotlight on Hobbyfest 3.0

Berbicara mengenai acara hobi serta jejepangan, kurang afdol rasanya jika tidak membicarakan mengenai cosplay. Acara yang diselenggarakan ketiga kalinya oleh KHCI ini masih diramaikan oleh beberapa cosplayer. Diantara para cosplayer tersebut ada yang hadir karena mengikuti lomba dan ada pula yang sekedar datang dengan mengenakan kostum. Berikut ini adalah beberapa cosplay yang berhasil tertangkap oleh kru KAORI Nusantara:

This slideshow requires JavaScript.

Akhir kata, Hobbyfest 3.0 masih menjadi acara yang mewadahi berbagai macam komunitas dengan hobi-hobi yang beragam. Berbeda dibanding event sejenis, Hobbyfest masih mampu mempertahankan kekhasannya dengan semaraknya acara yang ada.

KAORI Newsline | Oleh Rafly Nugroho

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.