shinji ikari

Hari ini tanggal 22 Juni 2015 adalah hari yang disebut-sebut sebagai hari di mana adegan pada episode pertama dari anime Neon Genesis Evangelion terjadi. Adegan tersebut tepatnya adalah adegan serangan Angel Sachiel yang akhirnya mengantarkan Shinji Ikari sang tokoh utama menjadi pilot dari Eva Unit 01 yang tersohor itu.

Yang menarik di tanggal yang sama namun tahun yang berbeda, adalah juga tanggal kelahiran dari Seiyuu dari Shinji Ikari itu sendiri.

Advertisement Inline

aish

Aish Daeng Mizuki dilahirkan di Palopo, Sulawesi Selatan pada tanggal 22 Juni. Memulai debutnya sebagai Seiyuu pada tahun 1999. Beberapa peran yang pernah dimainkannya adalah ketika Dorama legendaris asal Jepang Oshin sempat ditayangkan ulang oleh TVRI pada tahun 2009, dirinyalah yang mendapat kehormatan untuk menyulihsuarakan Oshin yang sebelumnya disulihsuarakan oleh Ratu Tria. Selain itu dirinya juga pernah menjadi Kaoru Kamiya pada anime Samurai X yang ditayangkan di RCTI dan Global TV maupun Suster Cecilia pada serial Telenovela Carita De Angel.

Peran sebagai Shinji Ikari dilakoninya ketika stasiun televisi TRANS TV menayangkan anime Evangelion pada medio tahun 2000an. Dirinya dipercaya untuk berperan sebagai Seiyuu Shinji Ikari oleh studio Citra Kosakata Indah yang bertanggungjawab menyulih suarakan anime tersebut ke dalam bahasa Indonesia.

Saat ini Aish – begitu panggilan akrabnya – juga aktif pada serial anime Aikatsu yang ditayangkan melalui stasiun televisi RCTI di mana dirinya berperan sebagai Mizuki Kanzaki.

Dirilis pada tahun 1995, Neon Genesis Evangelion adalah sebuah anime yang berkisah mengenai sebuah dunia post-apocalyptic. Diproduksi oleh studio Gainax, bekerjasama dengan Tatsunoko Production ini berkisah tentang Shinji Ikari, seorang pemuda yang direkrut oleh sebuah organisasi misterius bernama NERV untuk mengendalikan sebuah robot raksasa bernama Evangelion untuk melindungi dunia dari ancaman monster-monster yang dikenal sebagai Angel.

Neon Genesis Evangelion sendiri adalah sebuah anime yang sangat sukses pada zamannya. Tercatat anime besutan Hideaki Anno ini telah diadaptasi ke dalam berbagai versi permainan video game, komik, maupun film bioskop.

Aish sendiri bukanlah satu-satunya orang yang pernah berperan sebagai Shinji Ikari. Tercatat karakter Shinji Ikari pernah diperankan oleh Hilman pada film Rebuild of Evangelion: You are (not) Alone dan juga Ian Saybani pada film Rebuild of Evangelion: You can (not) Advance. Adapun di Jepang sendiri, karakter Shinji Ikari diperankan oleh Megumi Ogata.

Berkaitan dengan perayaan 22 Juni 2015 sendiri, Megumi Ogata selaku Seiyuu Shinji Ikari di Jepang sempat melontarkan komentarnya pada akun Twitternya sehari sebelumnya sebagai berikut:

 

“Sekarang, aku tahu.

Aku pergi ke Tokyo-3, bertemu dengan Angel pertamaku, menumpang mobil Misato, tersinggung, menggetarkan gigiku, bertemu Ayahku untuk pertamakalinya setelah sekian lama, bertemu dengan Ayanami yang bersimbah darah, dan mengendarai Eva untuk pertamakalinya.

Dan itu adalah besok.”

Yang menarik, tanggal 22 Juni jugalah ulang tahun dari Ibukota Republik Indonesia, Jakarta.

logo-hut-dki-jakarta-ke-488

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.