BAGIKAN
Sumber Foto: ONCF
Sumber Foto: ONCF
Sumber Foto: ONCF

Maroko: 12 set kereta cepat Alstom Duplex untuk perusahaan kereta api nasional ONCFM (Office National des Chemins de Fer du Maroc) sudah tiba di pelabuhan Tanger pada 29 Juni 2015. Kereta tersebut dikirim dari pelabuhan La Pallice dekat La Rochelle, Prancis menggunakan kapal yang biasa digunakan untuk membawa bagian pesawat Airbus A380.

Kereta Cepat Double Deck ini memiliki desain yang mirip dengan TGV (Train à Grande Vitesse) Duplex yang merupakan kereta cepat milik Prancis dibawah perusahaan SNFC, namun desainnya disesuaikan dengan kebutuhan di Afrika.

Kereta cepat tersebut akan beroperasi dengan rute Tanger – Casablanca sepanjang 320 km termasuk jalur cepat sepanjang 183 km dari Tanger ke Kenitra yang sedang dibangun dan mampu dilewati dengan kecepatan 320km/jam. Untuk jalur Kenitra-Casablanca mampu dilewati dengan kecepatan 220km/jam.

Saat pembangunan jalur tersebut diresmikan oleh Raja Mohammed VI dan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy pada bulan September 2011, diperkirakan jalur baru tersebut dibuka pada bulan Desember 2015, namun penundaan bisa saja terjadi sehingga baru dibuka pada tahun 2017.

Pihak ONCF berharap dengan adanya jalur dan kereta cepat tersebut mampu memangkas waktu tempuh Tanger-Casablanca dari yang awalnya 4 jam 45 menit menjadi 2 jam 10 menit.

Nilai kontrak antara ONCF dengan pihak Alstom dalam kereta cepat ini mencapai €400m atau sekitar 5,8 triliun. Kontrak tersebut ditandatangi pada bulan Desember 2010. Kereta cepat tersebut akan dirawat oleh perusahaan Société Marocaine de Maintenance des Rames à Grande Vitesse, perusahaan kerjasama antara ONCF dengan SNFC selama 15 tahun dengan nilai kesepakatan sebesar €175m atau sekitar 2,5 triliun.

KAORI Newsline | Sumber

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.