Final Piala Dunia: Jepang Harus Akui Kehebatan AS

0
Kapten Timnas Jepang, Aya Miyama, nampak lesu sementara pemain Timnas Amerika merayakan kemenangan.
Kapten Timnas Jepang, Aya Miyama, nampak lesu sementara pemain Timnas Amerika merayakan kemenangan.
Kapten Timnas Jepang, Aya Miyama, nampak lesu sementara pemain Timnas Amerika merayakan kemenangan.

Tim Nasional Sepak Bola Putri Jepang tidak berhasil mempertahankan gelar juara dunia mereka dalam perhelatan Piala Dunia Sepak Bola Putri 2015 di Kanada. Dalam pertandingan final di BC Place, Vancouver, hari Minggu sore waktu setempat, tim berjulukan Nadeshiko itu dikalahkan oleh Tim Nasional Amerika Serikat dengan skor 2-5.

Keunggulan Amerika Serikat dibuka oleh kapten Carli Lloyd yang merobek gawang Nadeshiko tiga kali dalam pertandingan ini. Lloyd mencetak ketiga golnya di babak pertama, yaitu pada menit ketiga, kelima, dan ke-16. Lauren Holiday ikut menyumbang keunggulan Amerika di babak pertama dengan mencetak gol pada menit ke-14. Nadeshiko kemudian memperkecil ketinggalannya saat striker Yūki Ōgimi menjebol gawang Hope Solo di menit ke-27.

Selisih gol Jepang kembali berkurang di babak kedua saat pemain bertahan Amerika, Julie Johnston, mencetak gol bunuh diri di menit ke-52. Namun sayang, kiper Ayumi Kaihori harus memungut bola dari gawangnya untuk kelima kalinya setelah gelandang sayap Tobi Heath menambah gol bagi Amerika di menit ke-54. Keunggulan Amerika bertahan hingga wasit membunyikan peluit panjang yang menandakan kembalinya Amerika sebagai juara dunia setelah terakhir kali memperoleh gelar juara tahun 1999.

Pelatih Timnas Jepang Norio Sasaki, sebagaimana dikutip oleh The Guardian, mengatakan kekalahan tersebut memalukan. Tetapi ia juga mengakui kehebatan permainan Carli Lloyd dan perb. Mengenai penampilan timnya sendiri, Sasaki yang dikutip oleh The Guardian mengatakan, “seharusnya kami lebih menekankan pada serangan. Seharusnya kami lebih asertif dan aktif untuk mengejar gol.”

Jepang dan Amerika Serikat sebelumnya pernah bertemu dalam final Piala Dunia Putri 2011 di Jerman. Saat itu, Jepang mengalahkan Amerika di final melalui adu penalti setelah bermain imbang 2-2 hingga babak tambahan. Kemenangan itu menjadikan Jepang negara Asia pertama yang memenangkan Piala Dunia Sepak Bola Putri.

KAORI Newsline | Sumber | Sumber gambar: Getty Images

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.