Ulasan Game: Yume Oukoku to Nemureru 100nin no Oujisama

1

twitter_header_01

Bagaimana jadinya kalau otome game  penuh bishounen bertemu game puzzle dalam sebuah game untuk ponsel pintar? Yume Oukoku to Nemureru 100nin no Oujisama, (Kerajaan Mimpi dan 100 Pangeran Tidur) disingkat sebagai Yume100 (dibaca Yume Hyaku) merupakan game yang menggabungkan ketiga unsur tersebut.

Game ini dirilis untuk Android dan iOS Jepang oleh G-Crest dan normalnya tidak bisa dimainkan dari regional luar Jepang.

Bangunkan pangeran, selamatkan mimpi, dan jalin kisah cinta dengan mereka.

11222017_10207310432988838_8649626771644044480_n
Salah satu dari bagian cerita utama, menampilkan pangeran Hinata (kiri) dan Avi (kanan).

Dalam cerita Yume100, pemain memerankan sang protagonis (bisa diberi nama sesuka hati, yang tentu akan jadi username), adalah seorang gadis yang terlempar di dunia mimpi. Dunia mimpi yang ajaib saat itu sedang diserbu Yumekui, alias ‘pemakan mimpi’. Untuk menyelamatkan dunia mimpi dan mimpi setiap orang, tugas protagonis sebagai seorang putri adalah membangkitkan para pangeran dunia mimpi dan bertarung melawan para Yumekui bersama dengan mereka, disertakan bantuan dari sang butler, Navi.

Mendapatkan pangeran dari Gacha.
Mendapatkan pangeran dari Gacha.

Di dalam game, membangunkan pangeran sendiri lebih tepatnya dilakukan melalui sistem gacha, alias mendapatkan secara random alias mengandalkan keberuntungan dari memakai koin maupun kristal. Namun ada beberapa pangeran yang bisa didapatkan secara cuma-cuma dengan melanjutkan peta dalam cerita utama.

Salah satu bagian dari kisah pangeran Hinata.
Salah satu bagian dari kisah pangeran Hinata, yang disuarakan oleh Ayumu Murase.

Di luar cerita utama yang penuh unsur dongeng, pemain juga dapat menikmati kisah mesra ala game percintaan dengan para pangeran. Dengan menaikkan level pangeran, cerita baru untuk para pangeran akan terbuka. Apalagi, para pangeran dapat ‘dibangkitkan’ ke salah satu dari dua versi, Matahari dan Bulan.

Dua versi pangeran Makoto.
Dua versi pangeran Makoto yang disuarakan oleh Natsuki Hanae.

Salah satu keunikan Yume100 adalah adanya sistem dua versi tersebut. Game mengoleksi karakter biasanya memiliki hanya satu upgrade karakter, namun dalam Yume100 karakter pangeran bisa di-upgrade alias dibangkitkan sesuai dengan kecenderungan pilihan pemain dalam jalan cerita sang pangeran. Upgrade ini bukan asal klik, pemain harus menaikkan level pangeran sampai semua cerita terbuka, dan mengumpulkan peri sesuai dengan tipe para pangeran. Hal yang bisa saja dianggap memberi tantangan tersendiri bagi pemain. Sang pangeran akan memiliki penampilan yang berbeda total antar versi Bulan dengan Matahari, tentu dengan jalan cerita bahkan dialog dalam permainan yang berbeda drastis.

Galeri berisi koleksi pangeran pemain.
Galeri berisi koleksi kisah para pemain dengan para pangeran.

Unsur otome game pada Yume100 memang begitu kuat, diiringi dengan cerita panjang. Untungnya hal ini bisa dilewatkan jika tidak begitu tertarik selain pada permainan utamanya.

Cara bermain yang simpel namun membuat ketagihan dengan caranya sendiri.

11707408_1677678255799534_3558708242231176443_n
Salah satu quest dimana pemain mengandalkan tipe Sexy untuk melawan monster tipe Cute.

Wujud utama Yume100 sendiri berada pada puzzle game-nya di mana para pangeran bertarung dengan para Yumekui melalu puzzle game. Biasanya ada minimal tiga ronde di mana pemain akan melawan bos pada ronde terakhir. Sekilas puzzle game ini mengingatkan pada permainan sejenis yang terkenal, Line Pokopang.

Dengan menarik garis pada tiga atau lebih bola berwarna sama, maka bola tersebut akan menghilang dan menjadi kekuatan para pangeran untuk menyerang para Yumekui. Jika meteran yang ada di tengah bawah terpenuhi, maka kamu, sang putri, dapat masuk ke mode Fever, yang jika masih aktif akan bisa menghilangkan bola dengan satu klik. Ada juga berbagai jenis bantuan dalam game ini, seperti hati yang bisa menyembuhkan nyawa dan kristal pada ronde terakhir yang jika dibawa ke bawah akan memberi serangan kuat pada bos.

Bersambung ke halaman kedua

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.