Kaoriporter: Anime Festival Asia (AFA) 2011 (Day 2 & Day 3)

1

 

Karena pada hari kedua saya tidak mengikuti acara-acaranya dan hari ketiga saya sudah kembali ke Jakarta pagi harinya, maka saya hanya bisa memberikan informasi mengenai acara-acara apa saja yang terjadi di hari kedua dan ketiga. Atraksi utama AFA pada hari kedua dan ketiga, adalah festival anime tentunya disertai berbagai kegiatan stage yang menarik.

Advertisement Inline

Festival Grounds

            Inilah main attraction dari AFA menurut saya. Daerah seluas dua convention hall seluruhnya dipergunakan untuk pameran benda benda anime yang dibuka dari pukul 09.00 AM sampai 09.00 PM. Banyak sekali stand baik kecil maupun besar memenuhi seluruh ruangan. Para pengunjung pun nampak penuh sesak mengelilingi dan melihat-lihat stand di seluruh pelosok hall. Dan juga nampak para pengunjung yang datang dengan kostum anime mereka masing-masing, padahal cosplay competitionnya baru akan diadakan pada hari ketiga.

            Yang unik dari stand-stand yang ada, antara lain adalah stand Nico Nico Douga. Di stand ini, selain ditunjukkan preview-preview dari anime yang akan muncul, salah satunya Fate/Zero, para pengunjung juga dipersilakan untuk mengucapkan sepatah dua patah kata yang nantinya akan dimunculkan di Nicovideo seperti pada umumnya!

            Stand unik lainnya adalah stand yang menjual replica katana Bleach dan One Piece. Ada dua stand yang menjual replica ini, dan keduanya sangat popular. Pada siang hari saja sudah terlihat banyak pengunjung yang menyandang katana di punggungnya. Selain replica katana, disana dijual juga payung bergagang katana, sangat menarik untuk dilihat dan dibawa saat hari hujan, tentunya.

            Selain stand-stand yang menjual berbagai merchandise anime, juga ada Anime Theater, yaitu tempat menonton anime versi movie yang baru akan dikeluarkan, dapat kita lihat secara ekslusif di AFA Anime Theater. Beberapa film yang diputar antara lain Fullmetal Alchemist The Movie: The Sacred Star of Milos, Sora no Otoshimono: Clockwork of Angeloid, Naruto Shippuden: The Blood Prison dan masih banyak lagi.

            Dan yang paling menarik dari semua stand yang ada, tentunya maid café dan butler café. Dua stand ini memiliki antrian yang sangat panjang di depannya, karena mungkin bias dibilang stand ini hanya bias didatangi setahun sekali saat AFA, sehingga banyak pengunjung yang tertarik untuk dating dan dilayani bagaikan seorang tuan besar oleh para maid yang cantik. Dan untuk para wanita, tentu akan lebih memilih butler café, dimana mereka bisa dimanjakan dengan  pelayanan istimewa dari para butler yang biasanya hanya dimiliki oleh putri dari keluarga-keluarga kaya.




Maid and Butler Café

Mobil Vocaloids




Salah satu pameran figurine yang ada, Fate/Stay Night




Merchandise dari Good Smile Company




Stand Nico Nico Douga, pemutaran preview anime

Stand yang menjual berbagai replica katana

Salah satu contoh pengunjung cosplayer yang luar biasa

Stage Highlights

            Pada hari kedua dan ketiga, acara acara yang diadakan di daerah konser sebelum konser dimulai disebut Stage Area. Di sana, ditampilkan berbagai macam acara yang menarik sampai pukul 05.00 PM, saat konser akan dimulai.

            Di ahri kedua, pada pukul 10.00 AM tepat, host acara Danny Choo akan membuka kegiatan di stage area dengan menunjukkan preview acaranya, Culture Japan season 2. Setelah itu pada pukul 11.05 AM, preview Fate/Zero akan ditampilkan sekaligus Tanya jawab dengan produsernya Atsuhiro Iwakami dan LiSA sebagai penyumbang lagu dalam Fate/Zero. Kemudian dilanjutkan dengan talkshow bersama Mr. Haruhiko Mikimoto, yang juga datang sebagai narasumber pada acara Cool Japan Forum pada hari pertama.

            Acara selanjutnya yang cukup menarik adalah special showcase dari Vanguard!! Card Battle bersama Sea*A dan Milky Holmes, diikuti oleh pemunculan special dari pengisi konser malam itu, FLOW dan Ichirou Mizuki. Kemudian, kegiatan di Stage Area dilanjutkan dengan dubbing session oleh Chiwa Saito sebagai salah satu pengisi suara dari anime Puella Magi Madoka Magica, yang dilanjutkan lagi dengan screening movie Gundam Unicorn episode 4. Setelah acara ini, stage area ditutup untuk persiapan konser hari itu, yaitu FLOW, Ichiro Mizuki , LiSA, dan Sea*A.

            Pada hari ketiga, acara stage yang disajikan adalah Mardock Scramble 2: The Second Combustion movie screening dan talk show bersama pembuatnya Tow Ubukata, yang juga diundang sebagai narasumber pada Cool Japan Forum, dan produsernya Go Nakanishi. Kemudian, bagi para penggemar AKB48, ada acara AKB48 Special dari pukul 12.00 PM selama 45 menit, yang dilanjutkan dengan talkshow anime AnoHana dengan desainer karakternya Masayoshi Tanaka, Tatsuyuki Nagai dan  penulis ceritanya Mari Okada.

            Setelah acara ini, ada lagi pemunculan istimewa dari para performers malam itu , yaitu angela , Kalafina , Kanako Ito & Chiyomaru Shikura , dan May'n. Lalu, acara terakhir Stage Area pada AFA 2011 adalah acara Canon Cosplay Competition, dan ini mungkin juga merupakan salah satu acara yang ditunggu-tunggu banyak orang, karena inilah saat dimana para cosplayer unjuk gigi dengan kostum mereka. Dengan berakhirnya cosplay competition ini, dan dengan berakhirnya konser pada hari itu, berakhirlah sudah rangakain acara AFA 2011 di Singapore.

Kesimpulan

            Menurut saya, karena saya hanya mengelilingi stand-stand saja, yang dapat saya komentari adalah kurangnya jumlah pilihan merchandise yang disediakan. Hampir semua stand menjual barang barang yang sama, kaos, handuk, strap, mug, dan poster. Saya mencari jaket gakuran di seluruh hall, namun saya tak dapat menemukan butik selain kaos. Kekecewaan saya yang kedua adalah, ketidakseimbangan figurine yang dijual di sana. Hampir semua toko hanya menyediakan figurine Miku, K-ON, dan Haruhi. Padahal, masih banyak anime lain yang “featured” di sana, namun hanya nampak sedikit sekali pada merchandise yang dijual. Contohnya, Katanagatari. Yang dijual hanya set playing card game-nya saja, padahal bisa saja replica katana-nya diual di stand katana. Lalu, Angel Beats. Anime ini padahal merupakan anime yang cukup fenomenal, namun mengapa saya sulit sekali mencari figurine Kanade Tachibana? Di seluruh hall saya hanya menemukan tiga buah saja, sungguh berbeda dengan Haruhi dan Miku yang bisa dengan mudah saya temui di berbagai stand, dengan pose yang berbeda-beda.

            Namun, di samping kekurangan tersebut, menurut saya AFA 2011 luar biasa sukses dalam pelaksanaannya. Semoga, tahun depan dapat menjadi lebih baik lagi, agar kita para penggemar anime dari Indonesia ini tidak merasa rugi telah jauh-jauh datang ke Singapore untuk menghadiri acara ini.

 

KAORI Newsline|via l4h4rl

1 KOMENTAR

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.