BAGIKAN

CLPKP3RUAAAPQYs

Di tengah gempuran komik dan media hiburan lain dari luar negeri, komik Indonesia menggeliat. Tahun 2015 ini tercatat sudah terbit 4 majalah kompilasi serial komik dan kini terbit satu lagi majalah komik baru, KOSMIK.

Dalam acara peluncuran majalah Kosmik MOOK di POPCON Asia tanggal 7 Agustus 2015, Sunny Gho CEO dari KOSMIK menerangkan bahwa majalah KOSMIK yang baru tersebut berisikan karya-karya dari komikus yang sudah dikenal masyarakat seperti SI Juki yang sangat populer di media sosial. “Jika punya followers lebih dari 200rb di Facebook dan adalah karakter fiktif paling populer di Indonesia” Ungkapnya.

Advertisement Inline

“Visi dari KOSMIK adalah lebih dari sekedar menghibur ” papar Sunny, “komik harusna bisa menginspirasi dan memperkenalkan budaya Indonesia kepada pembacanya baik orang Indonesia maupun luar negeri”. Untuk mencapai visi tersebut, KOSMIK banyak mengangkat unsur budaya lokal seperti contohnya pada komik Jamu S.A.K.T.I besutan Ockto Baringbing, menceritakan tentang anak-anak sekolah yang mempunyai kekuatan super setelah minum jamu. “Komik-komik seperti ini bisa membantu budaya kita untuk tetap berada di permukaan” tambah Ockto.

Selain tentang jamu, KOSMIK juga mengangkat tema yang futuris namun tetap bernuansa Indonesia. Adalah RIXA, seri yang juga dimuat di KOSMIK, menceritakan tentang Antariksa, anak petani kelapa sawit yang bercita-cita jadi astronot. Haryadi pengarang RIXA yang terkenal lewat seri KOSTUM di media sosial menjelaskan “lewat komik ini saya ingin menginspirasi orang Indonesia untuk bisa tetap bercita-cita setinggi-tingginya”.

Selain menerbitkan majalah komik, KOSMIK juga akan hadir lewat media digital seperti laman web dan aplikasi mobile. Lewat media digital ini, Sunny berharap komik Indonesia bisa menjangkau lebih banyak lagi pembaca bahkan hingga ke luar negeri. “Komik harusnya bisa menceritakan Indonesia ke masyarakat Indonesia ke masyarakat dunia. Dengan membaca komik yang diterbitkan KOSMIK, kmai berharap pembaca bisa mendapatkan perspektif baru tentang Indonesia” pungkas Sunny menutuo acara peluncuran tersebut.

Majalah KOSMIK resmi terbit September 2015 di jaringan toko buku nasional dengan menampilkan 7 judul serial komik di setiap bukunya. Sementara websitenya yang juga akan diluncurkan bulan September akan memuat 5 judul eksklusif yang hanya bisa diakses lewat internet.

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan merupakan dari sudut pandang pemberi siaran pers sehingga tidak ada kaitan dengan kebijakan editorial KAORI Newsline.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.