BAGIKAN

 

Panitia Hellofest turut berkostumasa dalam acara Hellofest 8 kali ini
 
Hellofest adalah acara tahunan yang diadakan di Balai Kartini tanggal 4 Februari yang lalu, dimana tahun ini adalah pengadaan Hellofest yang kedelapan kalinya setelah tahun lalu tidak ada. Terdiri atas lomba kostumasa (istilah lain untuk cosplay) individu maupun tim, lomba film pendek, pasar berisi merchandise dan makanan, pemenang lomba desain kaos bank Mandiri, dan juga penampilan idol group Indonesia, JKT48. Kali ini Kaoriporter secara resmi meliput sebagai media untuk Hellofest, dengan memegang kartu pers bertuliskan Kaori Nusantara.
 
Kartu pers milik penulis
 
Acara-acara di Hellofest
Seperti yang sudah disebutkan, Hellofest terdiri dari beberapa acara, yakni lomba kostumasa dan film pendek, pasar, pemenang lomba desain kaos, dan penampilan JKT48. Kostumasa yang hadir dalam acara kali ini terhitung sangat banyak, yakni lebih dari 1000 orang. Mereka menghadiri acara baik sebagai peserta lomba kostumasa maupun sekadar penonton berkostum. Kostum mereka beragam, ada yang berasal dari anime dan manga, ada yang berasal dari serial Barat, ada yang berasal dari Indonesia seperti tokoh pewayangan, namun ada juga yang merupakan karakter ciptaan mereka sendiri. Kostumasa ini sangat mendominasi Hellofest. Dimanapun kita bisa melihat adanya kameko (sebutan untuk fotografer para kostumasa) yang sedang memotret para kostumasa. Tak sedikit juga pengunjung yang ingin berfoto-foto dengan para kostumasa. Lomba kostumasa di Hellofest diadakan di Nusa Indah Theatre untuk tim dan Kartika Expo untuk individu. Pengunjung tampak antusias menyaksikan lomba kostumasa ini.
Empat kostumasa yang berkostum ala Indonesia
 
 
Kostumasa tampak sedang berfoto bersama para pengunjung
 
Di Kartika Expo, ditayangkan film-film pendek karya finalis lomba film pendek yang diadakan oleh Hellomotion. Film-film yang ditayangkan sangat kreatif. Selain itu, ada juga pasar HF yang berada disana. Pasar HF ini terdiri dari beragam stand. Ada stand makanan dan minuman, stand merchandise yang menjual berbagai macam barang dari boneka sampai nendoroid, dan juga stand organisasi seperti Greeneration dan Canvas Ranger. Hasil karya pemenang lomba desain kaos Bank Mandiri dipajang di depan Nusa Indah Theatre lantai 2. Sayangnya, hasil karya ini tak terlalu mendapat perhatian pengunjung karena ramainya acara dan banyaknya kostumasa yang ada, sehingga memancing pengunjung untuk berfoto bersama.
 
Selain kostumasa dan para pengunjung yang mendominasi, di Hellofest juga diadakan silaturahmi berbagai komunitas. Silaturahmi ini melibatkan sangat banyak komunitas, dan untuk membuktikan keeksisan komunitas mereka, masing-masing melakukan cara unik, misalnya membagikan CD gratis untuk komunitas Vocaloid, bermain game Osu! di depan umum untuk Osu! Indonesia, dan lain-lain. Kaori Nusantara merupakan salah satu komunitas yang mengadakan silaturahmi. Kaorin (sebutan untuk anggota forum Kaori Nusantara) yang hadir di Hellofest kali ini lebih ramai dari Hellofest 7 yang diadakan akhir tahun 2010. Kaori sendiri membuktikan keeksisan mereka dengan Kaorin-kaorin yang datang menggunakan gakuran resmi Kaori berwarna hitam-merah yang cukup menarik perhatian.
 
Salah satu acara yang ditunggu-tunggu adalah penampilan JKT48. Grup idola asal Indonesia yang merupakan sister group AKB48, grup idola terkenal asal Jepang, ini tampil di Kartika Expo pukul 14.00-14.45. Mereka menyanyikan dua lagu yakni "Heavy Rotation" dan "Aitakatta". Setelah itu, mereka memperkenalkan diri mereka masing-masing. Acara dilanjutkan dengan acara jabat tangan dengan anggota JKT48 yang berjumlah 26 orang. Kesempatan berjabat tangan ini dapat diperoleh jika membeli set kumpulan foto member JKT48. Selain itu, diputar juga video yang menampilkan Takahashi Minami, ketua de facto AKB48, yang mengatakan bahwa ia dan teman-temannya akan tampil di Jakarta 25 Februari mendatang.
 
Penonton sibuk merekam penampilan JKT48 dengan menggunakan telepon seluler
 
Ghaida, salah satu member JKT48, tampak melayani permintaan penggemar yang ingin mengabadikan fotonya
 
 
Pengunjung Membludak
Lokasi Hellofest kali ini berada di Balai Kartini, sama seperti tahun lalu. Hanya saja, ada perubahan area untuk beberapa acara, seperti area pasar HF yang berada di Kartika Expo dari yang sebelumnya berada di Ruang Mawar yang berada di lantai 3 gedung utama. Sedangkan tahun ini Ruang Mawar 1 digunakan untuk ruang penitipan barang kostumasa dan Mawar 2 untuk ruang ganti kostumasa.
 
Area lantai 2 gedung utama yang penuh sesak oleh pengunjung
 
Dari pengamatan penulis yang berada di Hellofest dari jam 12 siang sampai sekitar jam 4 sore, pengunjung yang ada sangat membludak. Area Hellofest di Balai Kartini lebih luas dari tahun lalu dengan tambahan gedung Kartika Expo, namun tidak cukup untuk mengatasi banyaknya pengunjung yang datang. Semakin sore, Balai Kartini semakin padat oleh pengunjung, sampai-sampai diberlakukan sistem buka tutup untuk eskalator oleh panitia untuk mengontrol jumlah pengunjung yang berada di tiap lantai di gedung. Ada rumor juga yang mengatakan bahwa Hellofest akan diadakan 2 hari tahun depan. Apa kabar itu benar adanya? Kita tunggu saja.
 
KAORI Newsline|via shii|foto oleh shii

4 KOMENTAR

  1. Baru kali ini dateng ke event yang isinya lautan manusia :O

    tapi ya puas juga setelah foto bareng cosplayer (walopun nggak banyak), semoga tahun depan masih bisa ikut! 😀

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.