Ilustrasi KRL seri 05. Rangkaian KRL seri sama, 05109F anjlok di lintas Maja

Pada Rabu (7/10) kemarin, rangkaian kereta rel listrik (KRL) seri 05 eks-Tokyo Metro jalur Tozai, trainset 05110F (K1 1 11 01-10) menjalani uji coba dinamis setelah selesai melewati pemeliharaan akhir lengkap (PAL) di Depo KRL Depok, Jawa Barat, yang dilakukan sejak awal September lalu. Seperti biasa rangkaian KRL pasca PAL harus menjalani uji coba statis dan dinamis untuk memastikan seluruh fungsi pada kereta bekerja dengan sempurna.

Sebagaimana biasa, uji coba dilakukan dengan nomor perjalanan kereta api luar biasa (KLB) d1/10117 relasi Depok-Manggarai, KLB d1/10102 relasi Manggarai-Bogor, dan KLB d1/10169 relasi Bogor-Depok. Perjalanan KLB ini mengalami kelambatan dari jadwal semula berangkat dari stasiun Depok seharusnya pukul 09:05 WIB, KLB baru berangkat dari stasiun Depok pukul 09:53 WIB dan tiba di Manggarai pukul 10:39. Setelah berhenti sejenak untuk pengecekan dan berpindah kabin, KLB berangkat kembali dari Manggarai pukul 10:51, dan tiba di Bogor pukul 11:59.

KLB percobaan KRL seri 05 – 05110F memasuki stasiun Depok

Seperti biasa, di stasiun Bogor KLB berhenti cukup lama karena pengecekan lanjutan dan waktu istirahat bagi kru KA. KLB kemudian berangkat kembali dari stasiun Bogor pukul 12:32, dan tiba di stasiun Depok pukul 13:07 untuk selanjutnya kembali ke Depo KRL Depok.

Advertisement Inline
KLB percobaan KRL seri 05 - 05110F meninggalkan stasiun Depok menuju Depo KRL Depok
KLB percobaan KRL seri 05 – 05110F meninggalkan stasiun Depok menuju Depo KRL Depok

Setiap selesai menjalani PAL, Uji coba dinamis KRL wajib dilakukan untuk mengetahui kondisi rangkaian KRL, apakah siap berdinas atau masih ada kekurangan yang harus diperbaiki. Dalam perjalanan KLB KRL percobaan harus melakukan aneka uji fungsi secara lengkap dan cermat seperti uji coba kecepatan tinggi, uji pengereman dan pengukuran jarak pengereman, hingga uji coba fungsi deadman pedal dan emergency brake sebagai perangkat keamanan dalam perjalanan.

PAL atau pemeliharaan akhir lengkap pada KRL adalah aktivitas pemeliharaan terakhir secara menyeluruh dalam periode 2 tahun, dimulai sejak KRL tersebut mulai dinas atau selesai menjalani PA pada periode sebelumnya. PAL meliputi pemeriksaan dan perbaikan secara lengkap dan menyeluruh seluruh komponen dan bagian pada KRL agar kondisi KRL tetap prima.

KRL seri 05 eks-Tokyo Metro jalur Tozai rangkaian 05110F adalah salah satu rangkaian yang milik PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) yang didatangkan  pada awal tahun 2011, dan memulai dinasnya di Jabodetabek pada 1 Juli 2011 silam. Rangkaian ini sebelumnya sudah pernah menjalani PAL yang rampung pada 29 November 2013 lalu, dan mendapat giliran PAL kembali pada September 2015.

KAORI Newsline | oleh Faris Fadhli

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.