wiwiek supadmi

Nama Wiwiek Supadmi adalah nama yang begitu lekat dengan serial anime Dragon Ball. Sebagaimana Masako Nozawa di Jepang, Wiwiek Supadmi adalah Seiyuu yang memerankan tiga generasi keluarga Son dari Son Goku, Son Gohan, dan Son Goten pada anime yang diangkat dari komik besutan Akira Toriyama tersebut. Yang membedakannya dengan Masako Nozawa, selama ini Wiwiek Supadmi hanya menyulihsuarakan ketiga Son tersebut ke dalam bahasa Indonesia ketika masih kecil, sementara ketika ketiga karakter tersebut beranjak dewasa biasanya disulihsuarakan oleh Seiyuu lainnya. Contohnya adalah Jeffy Sani yang menyulihsuarakan Son Goku dewasa pada anime Dragon Ball Z dan Dragon Ball Z Kai yang pernah ditayangkan di Indosiar beberapa tahun yang lalu.

Jeffry Sani

Advertisement Inline

Jeffry Sani, Seiyuu Son Goku versi dewasa

Kehadiran kembali anime Dragon Ball melalui stasiun televisi Global TV kini telah mengantarkan Wiwiek Supadmi akhirnya menyulihsuarakan Son Goku yang tengah beranjak dewasa. Hal ini terlihat sejak penayangan Dragon Ball di Global TV yang telah mencapai episode ke 133 pada 18 Oktober 2015 lalu. Pada episode ini diceritakan bahwa Son Goku telah beranjak dewasa. Meskipun begitu, dirinya tidak mengalami pergantian Seiyuu sebagaimana yang dilakukan oleh Indosiar beberapa tahun yang lalu. Meski masih belum jelas apakah pada Dragon Ball Z nantinya Son Goku akhirnya akan mengalami pergantian Seiyuu atau tidak. Adapun Global TV sendiri hingga saat ini masih belum memberikan sinyal apakah mereka akan melanjutkan penayangan Dragon Ball hingga Dragon Ball Z atau tidak.

Dragon Ball adalah serial yang diinspirasi dari cerita rakyat Tiongkok yang berjudul Perjalanan Ke Barat atau lebih dikenal di Indonesia dengan judul Kera Sakti. Komiknya sendiri telah diterbitkan oleh penerbit Elex Media Komputindo dan serial Animenya sempat ditayangkan di stasiun televisi Indosiar dari tahun 1996 hinggal 2015. Kini Global TV telah memutar kembali serial anime klasik tersebut sejak 17 Agustu 2015 lalu.

seiyuu dragon ball

Beberapa Seiyuu yang turut menyulihsuarakan anime ini dari kiri ke kanan: Wiwiek Supadmi, Nurul Ulfah, Wan Leony Mutiarza, Mariam Merry Pahlusi, Mohammad Romli, Adith Siddik Permana, dan Elias Gibel Siswanto

Anime Dragon Ball ditayangkan oleh Global TV dengan disulihsuarakan ke dalam Bahasa Indonesia dan melibatkan beberapa Seiyuu di antaranya Wiwiek Supadmi, Nurul Ulfah, Wan Leony Mutiarza, Mariam Merry Pahlusi, Mohammad Romli, Adith Siddik Permana, dan Elias Gibel Siswanto.

Anime Dragon Ball saat ini ditayangkan oleh Global TV setiap hari pukul 17.00 WIB.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.