BAGIKAN
Shinkansen E5 | Sumber: Wikipedia

Hokkaido Railway Company (JR Hokkaido), operator dari kereta api (KA) cepat Shinkansen di Hokkaido dalam keterangan persnya menyatakan bahwa harga tiket untuk rute terbarunya di jalur Shinkansen Hokkaido yaitu Tokyo menuju Shin-Hakodate-Hokuto di Hokkaido sekitar ¥22,690 untuk penumpang dewasa. Harga tersebut terbilang lebih rendah jika dibandingkan dengan harga tiket pesawat untuk rute yang sama.

Shinkansen E5 | Sumber: Wikipedia
Shinkansen E5, seri dasar KRL cepat Shinkansen yang akan digunakan di Shinkansen Hokkaido | Sumber: Wikipedia

Jalur baru yang dibangun dari Shin-Aomori menuju Shin-Hakodate-Hokuto ini rencananya akan dibuka pada tanggal 26 Maret 2016. Shin-Aomori sendiri merupakan ujung dari jalur Shinkansen eksisting Tohoku Main Line. Dengan adanya jalur ini, penumpang Shinkansen dari Tokyo maupun sebaliknya tak perlu transit atau berpindah kereta. Untuk harga tiket dari Shin-Aomori menuju Shin-Hakodate-Hokuto maupun sebaliknya sekitar ¥7,260.

Sebagai perbandingan, nantinya perjalanan dari Tokyo menuju Shin-Hakodate-Hokuto dengan Shinkansen akan ditempuh sekitar empat jam lebih. Jika menggunakan pesawat dari Haneda menuju Hakodate memakan waktu satu jam dua puluh menit. Untuk tarif, maskapai penerbangan AirDo mematok tarif ¥27,390, sedangkan dua maskapai full service yaitu ANA dan JAL mematok tarif ¥35,490.

Advertisement Inline

Persaingan tarif ini tentunya menciptakan pilihan bagi masyarakat dan wisatawan di Jepang diantara dua pilihan moda transportasi andalan dari dan menuju Hokkaido.

KAORI Newsline | Amri Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.