Kualifikasi Super GT Autopolis: GT-R (GT500) & Lotus (GT300) Meraih Pole

0
CALSONIC IMPUL GT-R #24 (sumber: as-web.jp)

12065693_10153807324308267_7993643960627582862_n

Sesi kualifikasi seri ketujuh Super GT yang berlangsung di sirkuit Autopolis (panjang 4.674 m), Prefektur Ōita, dilaksanakan pada Sabtu, 31 Oktober 2015 dan berlangsung dalam kondisi panas terik. Mobil Calsonic Impul GT-R #12 berhasil meraih pole position di kelas GT500 dan berhasil memecahkan catatan di sirkuit ini, sedangkan Syntium Apple Lotus #2 akhirnya meraih pole position di kelas GT300. Kedua tim tersebut berhasil meraih pole position pertamanya di musim ini.

Denah sirkuit Autopolis (sumber: racincircuits.info)
Denah sirkuit Autopolis (sumber: racingcircuits.info)

Sesi kualifikasi yang diadakan dalam dua tahap ini berlangsung dengan begitu ketat. Di kelas GT500, sebanyak 13 dari 15 tim berhasil memecahkan catatan rekor di sirkuit ini, sedangkan di kelas GT300 mobil-mobil yang turun dengan regulasi Mother Chassis dan JAF-GT tampil mendominasi di urutan teratas.

Pada sesi kualifikasi pertama (Q1) di kelas GT500, mobil D’Station Advan GT-R #24 yang dikemudikan oleh Daiki Sasaki berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1’33.176 dan berhasil memecahkan rekor yang sebelumnya dicetak pada tahun 2014 dengan waktu 1’34.523. Urutan kedua dan ketiga berturut-turut ditempati oleh Keihin NSX CONCEPT-GT #17 dan Calsonic Impul GT-R #12 yang saat ini memimpin klasemen sementara kelas GT500 dengan catatan waktu 1’33.332 dan 1’33.367.

D'Station ADVAN GT-R #24 (sumber: as-web.jp)
D’Station ADVAN GT-R #24 (sumber: as-web.jp)

Pada sesi kualifikasi kedua (Q2), mobil Calsonic Impul GT-R #12 yang dikemudikan oleh Joao Paulo Lima De Oliveira berhasil menjadi yang tercepat dan mematahkan rekor yang sebelumnya dicetak pada sesi Q1 dengan catatan waktu 1’32.835. Posisi kedua dan ketiga berturut-turut ditempati oleh Zent Cerumo RC F #32 dan Motul Autech GT-R #1 dengan catatan waktu 1’33.000 dan 1’33.181. D’Station Advan GT-R #24 yang sebelumnya menjadi yang tercepat di sesi Q1 harus puas berada di posisi keempat dengan catatan waktu 1’33.564.

CALSONIC IMPUL GT-R #24 (sumber: as-web.jp)
CALSONIC IMPUL GT-R #24 (sumber: as-web.jp)

Di kelas GT300, mobil-mobil yang turun dengan regulasi Mother Chassis dan JAF-GT langsung tampil dominan sejak sesi Q1. Toyota Prius apr GT #31 berhasil menjadi yang tercepat pada sesi Q1 dengan catatan waktu 1’43.417, kemudian berturut-turut disusul oleh Subaru BRZ R&D Sport #61 dan Syntium Apple Lotus #2 dengan catatan waktu 1’43.833 dan 1’44.159. Pemimpin klasemen sementara di kelas ini, yaitu Gainer Tanax GT-R #10 harus puas berada di posisi ke-14 dengan catatan waktu 1’45.342. Mobil PACIFIC McLaren with μ’s #9 kembali harus memulai balapan di barisan belakang (urutan ke-23) dengan catatan waktu 1’46.627. Kedua mobil tersebut tidak dapat mengikuti sesi Q2.

Toyota Prius apr GT #31 (sumber: as-web.jp)
Toyota Prius apr GT #31 (sumber: as-web.jp)
Gainer Tanax GT-R #10 (sumber: as-web.jp)
Gainer Tanax GT-R #10 (sumber: as-web.jp)

Di sesi Q2, Syntium Apple Lotus #2 yang dikemudikan oleh Hiroki Katoh akhirnya berhasil meraih pole position setelah di beberapa seri sebelumnya menunjukkan penampilan yang kurang memuaskan dengan catatan waktu 1’43.001. Posisi kedua dan ketiga berturut-turut ditempati oleh Toyota Prius apr GT #31 dan ARTA CR-Z GT #55 dengan catatan waktu 1’43.002 dan 1’43.431. Mobil GOODSMILE Hatsune Miku SLS #0 yang sebelumnya sempat berada di urutan ke-20 pada sesi latihan bebas berhasil naik ke urutan ke-5 dengan catatan waktu 1’44.459.

Syntium Lotus Apple #2 (sumber: as-web.jp)
Syntium Apple Lotus #2 (sumber: supergt.net)
GOODSMILE Hatsune Miku SLS #0 (sumber: as-web.jp)
GOODSMILE Hatsune Miku SLS #0 (sumber: as-web.jp)

Berikut adalah hasil lengkap sesi kualifikasi seri ketujuh Super GT musim 2015 di sirkuit Autopolis.

GT500

  1. #12 CALSONIC IMPUL GT-R – 1’32.835
  2. #38 ZENT CERUMO RC F – 1’33.000
  3. #1 MOTUL AUTECH GT-R – 1’33.181
  4. #24 D’station ADVAN GT-R – 1’33.564
  5. #64 Epson NSX CONCEPT-GT – 1’33.644
  6. #19 WedsSport ADVAN RC F – 1’33.883
  7. #36 PETRONAS TOM’S RC F – 1’33.937
  8. #17 KEIHIN NSX CONCEPT-GT – 1’34.033
  9. #6 ENEOS SUSTINA RC F – 1’34.105
  10. #46 S Road MOLA GT-R – 1’34.288
  11. #100 RAYBRIG NSX CONCEPT-GT – 1’34.291
  12. #15 Drago Modulo NSX CONCEPT-GT – 1’34.425
  13. #8 ARTA NSX CONCEPT-GT – 1’34.440
  14. #39 DENSO KOBELCO SARD RC F – 1’34.592
  15. #37 KeePer TOM’S RC F – 1’34.812.

GT300

  1. #2 SYNTIUM Apple LOTUS – 1’43.001
  2. #31 TOYOTA PRIUS apr GT – 1’43.002
  3. #55 ARTA CR-Z GT – 1’43.431
  4. #61 SUBARU BRZ R&D SPORT – 1’43.832
  5. #0 GOODSMILE HATSUNE MIKU SLS – 1’44.459
  6. #25 VivaC 86 MC – 1’44.483
  7. #21 Audi R8 LMS ultra – 1’44.551
  8. #3 B-MAX NDDP GT-R – 1’44.611
  9. #87 CrystalCroco LAMBORGHINI GT3 – 1’45.082
  10. #5 MACH SYAKEN with Iracon 86c-west – 1’45.180
  11. #51 JMS LMcorsa Z4 – 1’45.225
  12. #7 Studie BMW Z4 – 1’45.464
  13. #360 RUNUP Group&DOES GT-R – 1’47.776
  14. #10 GAINER TANAX GT-R – 1’45.342
  15. #77 K’sFrontier Direction 458 – 1’45.473
  16. #11 GAINER TANAX SLS – 1’45.763
  17. #65 LEON SLS – 1’45.870
  18. #111 Rn-SPORTS GAINER SLS – 1’46.016
  19. #33 Excellence Porsche – 1’46.392
  20. #50 SKT EXE SLS – 1’46.465
  21. #88 MANEPA LAMBORGHINI GT3 – 1’46.546
  22. #48 DIJON Racing GT-R – 1’46.610
  23. #9 PACIFIC McLaren with μ’s – 1’46.627
  24. #30 NetMove GT-R – 1’46.812
  25. #22 GREENTEC SLS AMG GT3 – 1’46.963
  26. #60 SYNTIUM LMcorsa RC F GT3 – 1’47.433

DNR. #20 UPGARAGE BANDOH 86
Keterangan: Cetak Tebal = Hasil catatan waktu Q2

KAORI Newsline | Oleh: Tanto D.

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses