BAGIKAN

Shigeru Mizuki

Shigeru Mizuki. Komikus di balik kisah Gegege no Kitaro telah tutup usia di usia 92 tahun. Almarhum menghembuskan nafas terakhirnya pada Senin sore waktu setempat di Rumah Sakit Tokyo.

Sebelumnya dilaporkan bahwa Almarhum sempat berada di rumah sakit sejak 11 November lalu akibat luka di bagian kepala. Namun belakangan terungkap bahwa Almarhum meninggal akibat serangan jantung.

Advertisement Inline

Karya terakhir dari Almarhum Shigeru Mizuki adalah sebuah komik autobiografi bertajuk Watashi no Hibi (My Everyday)

Lahir di Osaka pada 1922 dan besar di Prefektur Tottori, dirinya sempat terlibat dalam Perang Dunia 2 dan kehilangan tangan kirinya. Banyak dari komik karyanya ditulis berdasarkan pengalamannya selama perang seperti Onward Towards Our Noble Deaths dan Watashi no Hibi.

Almarhum juga terkenal berkat komik-komik bertemakan siluman Jepang (Yokai) seperti Gegege no Kitaro yang telah diangkat menjadi anime dan sempat ditayangkan di Indonesia melalui stasiun televisi Indosiar dan Space Toon. Dirinya jugalah yang bertanggung jawab atas menjamurnya genre-genre cerita Yokai di Jepang.

Almarhum Shigeru Mizuki adalah kreator Jepang pertama yang memenangkan penghargaan bergengsi Angoulême International Comics Festival di Jepang ketika dirinya memenangkan Fauve d’Or: Prix du Meilleur Album untuk karyanya yang bertajuk NonNonBa. Dirinya juga mendapat penghargaan dari Pemerintah Jepang.

KAORI Nusantara | Courtesy of  Anime News Network, Comic Natalie, YTV, Kumanichi, & WSJ

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.