BAGIKAN
KRL INKA-Bombardier (KfW) di Stasiun Tanjung Priok (23/11)

Pengoperasian kereta rel listrik (KRL) sekaligus pembukaan kembali jalur KA Jakarta Kota – Tanjung Priok P.P. yang sedianya dimulai pada Kamis, 17 Desember 2015 diundur beberapa hari dan direncanakan akan dibuka untuk melayani penumpang pada Senin, 21 Desember 2015 mendatang. Pengunduran jadwal pengoperasian ini dilakukan agar persiapan yang dilakukan oleh PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) sebagai operator yang ditugaskan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) lebih matang sehingga lebih siap beroperasi.

DSC_1936
KRL INKA-Bombardier (KfW) sebagai KLB percobaan jalur KA Jakarta Kota – Tanjung Priok melintasi daerah Ancol, Jakarta Utara (23/11)

Dalam rilis resminya di akun media sosial Twitter dan Facebook, KCJ menyatakan pengoperasian Jalur kereta api (KA) Jakarta Kota – Tanjung Priok akan diuji coba kembali mulai tanggal 17 hingga 20 Desember 2015, sehingga direncanakan dapat melayani penumpang dengan transaksi tiket elektronik (e-ticketing) mulai 21 Desember 2015 mendatang. Uji coba yang dilakukan selama 4 hari meliputi percobaan operasi 6 jadwal perjalanan yang sudah disiapkan, namun tanpa mengangkut penumpang, untuk memastikan kesiapan prasarana yang akan digunakan. Kesempatan masa uji coba ini juga dimanfaatkan untuk mempersiapkan perangkat e-ticketing dan fasilitas-fasilitas lainnya di stasiun yang akan digunakan untuk melayani penumpang.

Jalur KA Jakarta Kota – Tanjung Priok via Kampung Bandan (peron atas) sepanjang 8,1 km ini dibuka pada 2 November 1885 dan memiliki 4 stasiun, diantaranya Tanjung Priok, Ancol, Kampung Bandan dan Jakarta Kota. Sempat mati suri sejak tahun 2000, pada akhir 2015 jalur KA heritage ini telah selesai direvitalisasi dan siap dioperasikan kembali untuk perjalanan KRL Jabodetabek. Dalam rencana pengoperasiannya, KCJ akan menjalankan 6 jadwal perjalanan (3 kali perjalanan P.P.) relasi Jakarta Kota – Tanjung Priok P.P. yang hanya berhenti di stasiun Kampung Bandan, sehubungan stasiun Ancol masih belum siap melayani karena keterbatasan peron dan akan direhabilitasi pada tahun 2016 mendatang.

DSC_1952
KRL INKA- Bombardier (KfW) sebagai KLB percobaan jalur KA Jakarta Kota – Tanjung Priok (23/11)
Advertisement Inline

Cemplus Newsline by KAORI | Faris Fadhli

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.