BAGIKAN

Saya masih ingat betul saat seorang nuke menghubungi saya, memberikan jalan keluar atas kegalauan yang saat itu terjadi: merayakan ulang tahun KAORI forum yang ke-1. Boleh jadi, ulang tahun KAORI forum yang pertama itulah yang jadi ulang tahun KAORI termewah sampai sekarang.

Kemarin lusa (Sabtu 22/12), ulang tahun KAORI forum dirayakan dengan sederhana, di warung kaki lima, lebih tepatnya dirayakan bersama dengan makan bubur ayam. Bubur ayam rekomendasi Sychev ini sukses membuat saya kekenyangan, namun karena namanya bubur, perut kembali lapar setelah menyanyikan lagu Unfinished milik Kotoko yang kencang beat-nya itu.

Meskipun ulang tahun KAORI dirayakan dengan penuh kebersahajaan dan sebenarnya tidak ada perayaan khusus, saya untuk kali pertama menerima banyak sekali ucapan selamat ulang tahun KAORI dari luar entitas KAORI, ataupun dari tempat yang saya tidak pernah bayangkan sebelumnya. Mulai dari rekan-rekan di WRS Fansub, pengikut di Twitter, bahkan melalui BBM.

Advertisement Inline

Tentu saja saya mengucapkan terima kasih kepada mereka yang sudah memberikan selamat. Dan di sini pun saya membuktikan kata-kata yang sampai sekarang masih saya pegang teguh: mereka (para pengkritik dan pembuat bising-bising maupun bisik-bisik gajes) di luar sana tidak akan bergembira di saat KAORI seperti ini.

Namun saya tidak mau terlalu lama terjebak dalam perayaan ulang tahun ini. Ucapan puji-pujian yang ada hari ini bisa dibalik menjadi ucapan sinis nan ketus tahun berikutnya, baik kalau staf tidak bisa bekerja dengan baik atau bila pengguna tidak dapat beradaptasi dengan perubahan.

Justru tantangan terbesar adalah bagaimana membawa staf dan pengguna ini mentransformasi KAORI di tahun 2013! Tentunya sesuai kemampuan dan bertahap. Juga harus ada kepercayaan diri bahwa transformasi menuju KAORI baru ini bisa dilakukan.

Saya salut sekali dengan rekan-rekan KAORI Divre 2.2 yang sigap tanggap mengadakan konsolidasi Daop dalam waktu relatif singkat. Lokasi yang jauh dari Jakarta, transportasi yang agak sulit, serta penggemar yang sebenarnya juga tidak besar-besar amat di sana ternyata bisa dilalui dengan baik! Kira-kira hanya dalam waktu 4-5 hari saja sejak acara sarasehan antar Daop dilakukan!

Semangat konsolidasi seperti ini hendaknya meluas pula ke Daop-Divre lain yang sudah mulai agak longgar hubungannya.

Ulang tahun Office48-FC (FC yang mewadahi penggemar 48 bentukan Aki-P) tanggal 19 Desember 2012 lalu pun menunjukkan kerja keras para staf dan pengguna yang ada di dalamnya dalam mengasuh subforum sendiri. Kepercayaan mendapatkan subforum sendiri rupanya dapat dimanfaatkan dengan optimal dan tentu saja ini patut diapresiasi.

Selain masalah konsolidasi, di akhir tahun ini saya menegaskan kepercayaan saya kepada staf untuk mampu mengelola unit yang diamanahkan.

Salah satu bukti nyatanya adalah bagaimana KUPT Radio, Sekiguchi yang berteriak-teriak ke saya mengeluhkan mengenai masalah radio yang tidak juga beres dibenahi. Setelah melalui tapa brata beberapa jam, akhirnya radio sudah bisa dipastikan kembali on, dan menyala otomatis ketika server dinyalakan maupun terjadi restart.

Juga dari BLU NCP yang berteriak saat akun MF mereka mati. Dalam waktu singkat, saya langsung menerima SMS permintaan agar saya mencek ke forum. Sementara ini, saya pun akan mengevaluasi sistem kerja NCP, karena saat ini terjadi inefisiensi di NCP: mengerjakan berkas dengan usaha setengah hidup (atau setengah mati) yang ternyata tidak diunduh orang (atau paling hanya 1-2 orang saja), lalu data yang sudah beratus-ratus GB itu lenyap dalam semalam setelah akunnya dihapus.

Lalu ada penguasaan wewenang dan kerjaan sehingga saya tidak terbebani lagi dengan beberapa tugas. Untuk urusan curhat pengguna dan mediasi, saya akan serahkan sepenuhnya kepada mimin kartyem yang memiliki citra lebih dekat ke pengguna. Bukan berarti saya maupun staf lain tidak berperan atau lepas tanggung jawab, namun ternyata dia mampu melihat lebih dari apa yang bisa saya lihat.

Ada pula yang sedikit ironi di hari ulang tahun KAORI yang ke-4 ini, namun membuktikan staf dan pengguna yang ada memiliki kekompakan dalam menanggapi situasi.

Ceritanya ada pengguna yang merasa tidak diperhatikan di Beranda Komunitas. Dalam kondisi biasa, biasanya situasi Beranda yang begini begitulah yang disalahkan. Namun rupanya ada ketidakcocokkan budaya antara orang luar yang masuk dengan orang baru ke Beranda ini. Melihat gelagat yang tidak baik, pengguna ini pun akhirnya sukses menjadi orang tercepat kedua yang ragequit dari KAORI. Mediasi melalui perpesanan Facebook pun tidak membawa hasil.

Pesan saya kepada yang bersangkutan, “Saya kurang tahu di forum lain seperti apa, dan saya kira di KAORI ini salah satu yang baik (bukan yang paling baik). Mungkin bisa coba ke forum lain, kalau memang ada yang menerima, syukur. Kalau tidak diterima sama sekali atau dapat respon lebih parah dari KAORI, mungkin ada yang salah dengan Anda.”

Dalam kasus ini saya mengapresiasi rekan-rekan yang telah berupaya maksimal menemukan solusi yang terbaik. Ini juga memberikan pertimbangan lain bagi saya, bahwa saya akan menaruh kepercayaan lebih dan lebih pada teman-teman dan staf KAORI. Andai ada satu-dua yang melenceng, itu sebuah perkecualian.

Akhir kata, saya percaya dengan KAORI, dan saya percaya dengan teman-teman dan staf-staf yang mampu membawa KAORI ke arah yang lebih baik lagi. Teman-teman dan staf-staf KAORI adalah orang berpendidikan yang memiliki potensi dan pemahaman lebih dari mereka di luar sana.

Sudah saatnya memasuki tahun kelima ini, tanpa disposisi satu kata pun, saya yakin teman-teman dan staf-staf tahu apa yang terbaik yang harus dilakukan. Inilah masa kemerdekaan berpikir.

Keberhasilan KAORI bukanlah keberhasilan saya, namun keberhasilan para staf dan penggunanya.

Shin Muhammad
Administrator KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.