Kereta Rel Diesel (KRD) Penolong atau KRD NR milik dipo Bukitduri akan dikirim ke Balai Yasa (BY) Pengok Yogyakarta pada Kamis(7/1/2016). KRD yang berwarna kuning dan mempunyai julukan “Djoko Tingkir” ini biasa digunakan untuk mengevakuasi KRL yang mogok dan untuk mengirim suku cadang ke dipo.

Akan tetapi, Mengapa KRD ini justru dikirim ke BY Pengok? Mengingat dahulu KRD ini di-retrofit di BY Manggarai. Dan BY Manggarai pun juga sanggup untuk melakukan perawatan dan me-retrofit KRD.

KRD Rail Clinic | Foto Oleh: Maulana Nur Achsani
KRD Rail Clinic | Foto Oleh: Maulana Nur Achsani

Bukan sebuah kebetulan, PT KAI sendiri tengah memiliki wacana untuk menambah jumlah KRD Rail Clinic. KRD Rail Clinic ini juga merupakan produk rombakan dari BY Pengok. Selain itu, KRD NR Bukitduri dengan nomor rangkaian NW 1 87201 yang akan dikirim ini juga sudah tidak dioperasikan sejak 2013, digantikan oleh KRD NR bernomor NW 1 82243 yang baru saja diretrofit saat itu.

Jadi, apakah pengiriman KRD NR ini untuk mengalami perombakan menjadi Railclinic? Atau hanya menjalani Perawatan Akhir (PA)? Biar waktu yang menjawab.

Cemplus Newsline by KAORI | Amri Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.