BAGIKAN
Penduduk setempat berfoto di depan Stasiun Hamadera-Koen di Sakai, Prefektur Osaka, pada 27 Januari 2016 | Oleh: Eijiro Morii | Sumber: http://www.asahi.com

Stasiun Hamadera-Koen, sebuah stasiun kereta api yang berada di prefektur Osaka, Jepang kini resmi ditutup. Stasiun kereta api yang telah beroperasi selama 109 tahun ini secara seremonial ditutup sejak tanggal 28 Januari 2016.

“Terima kasih untuk pelayanan dan kenangan yang panjang itu”, ucap Yasuyoshi Okamoto, kepala stasiun Izumi-Otsu yang juga bertugas di stasiun Hamadera-Koen. Dia ikut dalam acara pentutupan stasiun Hamadera-Koen, membungkuk dan mengucapkan selamat tinggal ke stasiun dimana ia pernah ditugaskan.

Bangunan stasiun yang terbuat dari kayu itu dirancang oleh arsitek Kingo Tatsuno, pelopor arsitektur bergaya Eropa di Jepang yang juga merancang  pembangunan Marunouchi yang ada di stasiun Tokyo. Pembangunan stasiun ini selesai pada tahun 1907.

Advertisement Inline

Stasiun ini sangat kental dengan nuansa nostalgia, sangat kontras dengan dindingnya yang putih dan atapnya yang merah.

Bangunan bersejarah ini rencananya akan dipindahkan sekitar 30 meter ke alun-alun di depan stasiun dan akan dibuka sebagai tempat umum. Peninggalan tersebut akan hidup sebagai bagian yang terintegrasi dari pintu masuk bangunan stasiun yang baru. Bangunan stasiun yang baru rencananya akan selesai dibangun pada tahun fiskal 2027.

Sebuah stasiun sementara yang dibangun disebelah stasiun Hamadera-Koen telah beroperasi sejak kereta api pertama yang berjalan dipagi hari pada tanggal 28 Januari 2016.

Masashi Tanaka, 80, ketua dari asosiasi warga setempat, mengatakan bahwa stasiun ini telah menjadi simbol dan kebanggaan lingkungan mereka. Mesin tiket dan gerbang stasiun mungkin dihilangkan, tapi dia berharap stasiun itu juga direvitalisasi.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.