BAGIKAN

Di hari Minggu kemarin, tepatnya pada penghujung Januari, 31 Januari 2016 kemarin pihak The Japan Foundation Jakarta kembali menyelenggarakan Grand Final kontes karaoke tahunannya. JF Kara OK Compe 2016 merupakan kali ke-5 kontes karaoke berbahasa Jepang ini diadakan. Merayakan penyelenggaraan ke-5, kontes karaoke ini memiliki tema 5th Anniversary.

Grand Final JF Kara Ok Compe 2016 ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di tahun ini, juara 1 dari kontes karaoke ini mendapatkan hadiah berupa paket perjalanan menuju prefektur Fukuoka, Jepang. Tidak hanya dari hadiahnya saja yang cukup menggiurkan, Grand Final kontes karaoke ini juga hadir diramaikan dengan cosplay mini competition.

1
Belum juga mulai, sudah banyak yang mengantri masuk

Meskipun acara Grand Final JF Kara OK Compe 2016 baru akan dimulai pada sore hari, namun sudah sejak siang kantor The Japan Foundation Jakarta di Gedung Summitmas I sudah diramaikan oleh banyaknya pengunjung. Ramainya pengunjung yang hadir ini tidak hanya datang untuk menonton dan menyemangati para Grand Finalis kontes karaoke saja, namun ada juga yang mendaftar untuk turut serta dalam cosplay mini competition di acara tersebut.

Dihadiri Pula Oleh Pemerintah Fukuoka

Advertisement Inline

Sekitar pukul 15.30 sore, akhirnya acara Grand Final JF Kara OK Compe 2016 pun dimulai. Meskipun baru saja dimulai namun ruangan sudah dipenuhi oleh tingginya antusias pengunjung yang hendak menyaksikan kebolehan bakat nyanyian di kontes karaoke ini. Tidak sekedar diramaikan oleh pengunjung saja, dalam acara ini ternyata juga dihadiri oleh pihak pemerintah prefekture Fukuoka. Di sore tersebut turut hadir Ogawa Hiroshi, gubernur dari prefektur Fukuoka, Inoue Todotoshi. Ketua legislatif daerah prefektur Fukuoka beserta pihak terlibat lain dari pemerintahan prefektur Fukuoka.

Jajaran pemerintahan eksekutif dan legislatif prefektur Fukuoka yang turut hadir.
Jajaran pemerintahan eksekutif dan legislatif prefektur Fukuoka yang turut hadir.

Memulai acara Grand Final JF Kara Ok Compe 2016 ini, gubernur dari prefektur Fukuoka, Ogawa Hiroshi memberikan kata sambutan. Dalam kesempatan tersebut Ogawa Hiroshi memaparkan mengenai penyelenggaraan kontes JF Kara OK Compe 2016 ini sebagai ajang untuk memperkenalkan prefektur Fukuoka kepada masyarakat Indonesia.

Sambutan gubernur Fukuoka
Sambutan gubernur Fukuoka

Setelah itu, ketua legislatif prefektur Fukuoka, Inoue Todotoshi turut memberikan sambutan pembuka juga. Ketua badan legislatif yang sudah berusia 69 tahun ini mengaku sangat suka karaoke dan bernyanyi. Ia memaparkan bahwa dirinya sangat suka menyanyikan lagu Enka. Meskipun dalam kontes JF Kara Ok Compe 2016 ini lagu yang dinyanyikan adalah lagu-lagu pop dan modern, hal ini menjadikan Inoue Todotoshi sangat senang dapat menghadiri acara ini karena ia bisa turut serta belajar lagu pop dari para peserta yang ada.

Sambutan terakhir pada pembuka kontes karaoke ini disampaikan oleh GM dari The Japan Foundation Jakarta, Tadashi Ogawa. Tadashi Ogawa memaparkan bahwa juara satu dalam kontes karaoke JF Kara OK Compe 2016 kali ini akan berkesempatan mendapatkan tiket ke prefektur Fukuoka. Seraya menyemangati para peserta yang hendak unjuk kebolehan diatas panggung, Tadashi Ogawa menceritakan sedikit apa saja hal-hal menarik yang ada di Fukuoka, mulai dari wisata tradisionalnya, hidangan ramen, serta daya tarik Fukuoka sebagai tempat lahir dari penyanyi ternama Ayumi Hamasaki.

Aksi Para Grand Finalis

 

Afan, peserta yang mengajak penonton bernostalgia dengan lagu Mazinger Z & Getter Robo.
Afan, peserta yang mengajak penonton bernostalgia dengan lagu Mazinger Z & Getter Robo.

Setelah berbagai sambutan telah disampaikan, akhirnya acara JF Kara OK Compe 2016 pun dibuka. Para peserta Grand Finalist yang hadir pada kontes ini pun telah bersiap menanti giliran panggil untuk tampil diatas panggung. Membuka penampilan di hari Minggu tersebut, Cindy Schenker, peserta dengan nomor urut 1 langsung tampil diatas panggung. Peserta wanita yang tampil dengan balutan hijab dalam kimono nya ini membawakan lagu berjudul Soba ni Iru Kara yang dinyanyikan oleh Amadori.

Tak lama setelah peserta pertama tampil, Grand Finalist dengan nomor urut 2 pun hadir di atas panggung. Setelah dihibur oleh aksi nyanyian dari peserta wanita, kali ini giliran peserta pria bernama Erwin yang membawakan lagu berjudul Hello Especially dari Sukima Switch. Penonton di ruangan tersebut mulai hanyut dalam nyanyian peserta dipanggung.

Peserta nomor urut 3 tampil dengan cukup beda. Dengan berpenampilan layaknya Elvis Presley, peserta bernama Afan ini membawakan lagu pembuka seri anime super robot lawas, Mazinger Z yang di-medley kan dengan Getter Robo. Sontak seluruh ruangan langsung dibawa bernostalgia dengan semangatnya suara dan aksi panggung dari peserta asal Bogor ini.

Peserta lain yang juga unjuk bakat dalam panggung ini ada Andra dengan membawakan lagu Yuki no Hana dari Mika Nakashima, Oky yang menyanyikan lagu Let it Go versi bahasa Jepang dari Takako Matsu, serta Anchi yang membuat hanyut penonton dengan lagu Last Stardust dari Aimer. Adapula Joe MochiMochi yang menyanyikan lagu Fukai Mori dari Do as Infinity yang mampu membawa penonton turut ikut menyanyikan lagu ini.

19

Dengan nomor urut 8, peserta bernama Kesta membawakan lagu berjudul Brave Heart dari Miyazake Wataru. Lagu ini merupakan lagu dari seri anime Digimon Adventure, lagi-lagi penonton dibawa bernostalgia dengan aksi para anak-anak terpilih yang menyelamatkan dunia digital. Aksi Kesta diatas panggung pun kembali mampu mengajak para penonton untuk ikut larut dalam nyanyian.

Selepas lagu Brave Heart dari Kesta, peserta berikutnya, NiSA membawakan lagu Every Heart dari BoA. Aksinya pun dilanjutkan dengan peserta yang datang jauh-jauh dari Lombok. Peserta terakhir yang berasal dari Lombok, Agra mengolah suaranya untuk menyanyikan lagu Anata ni Okuru Ai no Uta dari EGOIST yang merupakan lagu di seri anime Guilty Crown.

24

(Liputan JF Kara OK Compe 2016 berlanjut ke halaman berikutnya. Penasaran siapa sih pemenang lomba karaoke tahun ini yang mendapatkan tiket ke Fukuoka? yuk baca dihalaman selanjutnya)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.