BAGIKAN
JR 205 eks-Jalur Nambu NaHa 39

Kereta rel listrik (KRL) seri 205 eks-East Japan Railway Company (JR East) jalur Nambu merupakan rombongan terakhir dari pengiriman KRL seri 205 ke Indonesia. KRL dengan stamformasi asli sebanyak 6 kereta, kini berubah menjadi 12 kereta dengan menggabungkan 2 trainset rangkaian KRL.

Ada hal menarik yang terjadi ketika KAORI menaiki salah satu dari sekian banyak KRL seri 205 eks-Jalur Nambu yang beredar di lintas Jabodetabek. Rabu (9/2) lalu, Beberapa staff KAORI yang sedang menaiki KRL eks-Jalur Nambu rangkaian 205-23F + 205-18F (NaHa H34+H39) dikejutkan dengan informasi “tidak biasa” yang disampaikan kepada penumpang oleh Petugas Pelayanan KRL (PPK) yang berdinas. Saat itu, KRL tersebut berdinas dengan nomor perjalanan KA 1112 relasi Jakarta Kota – Manggarai, untuk selanjutnya beristirahat di dipo KRL Bukit Duri.

PPK yang biasanya hanya mengumumkan stasiun pemberhentian selanjutnya dan himbauan di dalam KRL, ternyata juga mengumumkan informasi singkat seputar KRL eks-Jalur Nambu tersebut.

Advertisement Inline

PPK yang berdinas turut menginformasikan bahwa KRL tersebut merupakan seri 205 yang sebelumnya beroperasi di jalur Nambu, Jepang. Di dinding KRL tersebut juga dipasang gambar-gambar yang dibuat oleh anak-anak Jepang. Informasi-informasi “spesial” seputar KRL eks-Nambu ini sebelumnya tidak pernah disampaikan. Penyampaian informasi ini seolah membalas penyampaian informasi oleh kondektur (PPK) KRL JR East di jalur Nambu saat rangkaian yang sama, 205-23F (NaHa H39) melakukan perjalanan terakhirnya di stasiun akhir perjalanan, 9 Desember 2015 silam. Ketika itu, kondektur yang berdinas menyampaikan informasi terakhir sebagai perpisahan, dengan menjelaskan bahwa kereta yang sedang dinaiki akan berhenti beroperasi di jalur Nambu setelah perjalanan itu, untuk selanjutnya pergi ke Jakarta, Indonesia dan berdinas sebagai KRL Jabodetabek.

Dengan penyampaian pesan sederhana namun mendalam tersebut, diharapkan masyarakat serta pengguna setia KRL Jabodetabek bisa semakin mencintai dan menjaga KRL yang sehari-hari berjasa dalam kehidupannya, seperti masyarakat Jepang yang mencintai dan menjaga KRL tersebut saat masih beroperasi di negeri Matahari Terbit.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.