Seminar GravikGRAM

1

64235_215892955214723_723338030_n

Dewasa ini Industri kreatif berbasis art/desain sedang berkembang sangat pesat di Indonesia. Profesi di bidang-bidang ilustrasi, komik, animasi, game dan sejenisnya kini sudah bangkit melawan dominasi profesi desainer grafis untuk dunia periklanan. Permintaannyapun cukup besar dan tidak main-main.

Sayangnya, perkembangan tersebut tidak diikuti oleh pertumbuhan talent yang seimbang, baik secara jumlah maupun kualitas skill. Melalui riset dan pengalaman dari Jotter Production, faktanya, talent-talent di Indonesia rata-rata belajar secara otodidak. Dengan cara belajar demikian, maka mereka kekurangan bimbingan untuk memperkuat dasar sampai kuat yang sangat dibutuhkan untuk terus mempelajari teknik/skill yang lebih tinggi atau mengikuti perkembangan dan permintaan zaman secara cepat atau bila belajar dari sekolah/kuliah, mereka kekurangan praktek dan cukup banyak ketinggalan dalam hal materi yang sedang trend dalam dunia industrinya.

158059_14613600275_1773004055_n

Berangkat dari itu semua, maka Jotter Production, sebuah studio/arthouse yang sudah berdiri sejak akhir tahun 2005 di Bandung, dengan  track record mengerjakan proyek-proyek art & desain visual untuk game-game dengan klien yang berasal baik dari lokal maupun mancanegara menawarkan sebuah solusi yang diberi nama GravikGRAM.

GravikGRAM adalah sebuah platform edukasi yang juga memiliki fitur matchmaker alias makcomblang antara artist-artist atau orang-orang hebat yang punya ilmu dengan para aspiring artists yang berminat untuk belajar art/desain lebih dalam. Adapun program-program edukasi dari GravikGRAM antara lain :

  • Mengorganisir kelas, seminar dan workshop berdasarkan struktur pembelajaran yang sudah teruji di negara-negara yang industri kreatif nya sudah jauh lebih maju daripada di Indonesia. Agar kita tidak lagi meraba-raba dalam kegelapan, dan tahu apa yang kurang dari kita dan bisa segera belajar untuk memperbaikinya.
  • GravikGRAM mengundang para profesional/pelaku industri untuk membagikan pengalaman mereka, tips dan triknya. Dan juga para akademisi yang ilmu pengetahuannya tersembunyi di balik tembok kampus,  untuk mengajari kita yang latar belakang profesi atau pendidikannya “ngga nyambung” dengan art dan desain.
  • Last but not the least, GravikGRAM membuka kelas, seminar dan workshop ini untuk publik.

 

734900_215893981881287_1601819370_n

Pada Bulan Januari 2013 ini GravikGRAM bersama FSRD ITB, bekerjasama dengan MyOYeah! akan menyelenggarakan sebuah acara bertajuk GravikGENERATION – Seminar & Mini Workshop. Dengan tema “Optimizing art & design education for creative industry”, peserta akan diajak untuk menghadiri rangkaian acara

*SEMINAR
“Designing Character for Games”
~ Alvanov Zpalanzani Mansoor (FSRD ITB)

*MINI WORKSHOP
“Animating Character Sprites for Game”
~ Fifi Xu (Jotter Production)
(info dari speaker : tidak ada minimum harus bawa apa karena materi workshop nya cukup ringan. Alat tulis dan kertas pun boleh. tapi kalau bawa laptop+tablet, kita bisa langsung coba di photoshop.)

*SHARING
“Lanskap Industri Kreatif Indonesia”
~ Benny Fajarai (Kreavi)

*WAKTU DAN TEMPAT

Sabtu 26 Januari 2013

Ruang Seminar Fakultas Senirupa dan Desain ITB

Jalan Ganesha Bandung

Pukul 09.00-13.130 WIB

Acara free terbuka untuk umum.

More About Jotter Production :
http://www.jotterpro.com/
More About GravikGRAM :
http://www.facebook.com/Gravikgram
hello@gravikgram.com
KAORI Newsline | Dody Kusumanto | Courtesy of GravikGRAM and Jotter Production

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.