BAGIKAN

Alhamdulillah, target untuk KAORI Newsline dan KAORI Fansub terlampaui! Statistik kunjungan 30 ribu yang semula ditargetkan akhir Februari 2013 ternyata bisa terlampaui hari ini, dengan sisa tiga hari efektif kerja!

Di KAORI Newsline sendiri, pencapaian tiga puluh ribu ini bukan tanpa kendala. Kendalanya bahkan cukup besar.

Pertama, sejak awal bulan Januari ini kehidupan saya begitu berantakan. Tidur jam 7 pagi, bangun jam 8 malam. Terjaga 36 jam, tidur 20 jam. Efek dari kekacauan hidup ini cukup mengerikan. Setelah pulang dari Bandung hari Rabu lalu, batuk keras disertai darah terjadi.

Advertisement Inline

Saya panik. Apa jangan-jangan hati saya yang rusak? Untungnya setelah dibawa ke dokter umum, didiagnosa hanya sekedar batuk yang memang sudah cukup akut, namun tidak pernah benar-benar sembuh. Minum obat dan memaksakan diri untuk tidur malam hari dan bangun di pagi hari kuncinya. Lebih sehat tidur jam 8 malam bangun jam 4 pagi daripada tidur jam 4 pagi bangun jam 8 malam!

Sementara kedua kontributor lain sepertinya juga menikmati HOTnya sendiri-sendiri. Saddam kabarnya juga kelelahan karena sering begadang, meski tidak seekstrem saya. Sedangkan hibiki menikmati liburannya, mungkin karena terlalu sering digoda saya lewat twitter. (Ini kegeeran, oke)

Sambil mengistirahatkan badan, saya akan menyiapkan rencana lain yang sudah disimpan, cuma menunggu kesempatan akhir bulan ini saja. Pemuatan konten pengguna ke Newsline rencananya akan dibahas pada rapat mingguan hari Kamis mendatang, termasuk masalah reformasi rubrik. Nanti detil lengkapnya akan diumumkan.

Lalu saya beralih ke KAORI Fansub. Masih dengan segala baladanya, masih setia mengejar-ngejar terjemahan, termasuk menanti kapan pelatihan ke pengguna akan diberikan. Namun kondisinya semakin hari semakin baik.

Minggu kemarin untuk satu episode sudah dikuasakan editingnya ke salah satu staf editor baru. Kinerjanya cukup memuaskan meski ada beberapa yang masih harus diperbaiki lagi. Ke depan, mudah-mudahan bisa didesentralisasi.

Dari pihak eksternal, komentarnya cukup bagus. Ada yang menunggu Chihayafuru 2 KAORI karena merasa kualitas kerjaan grup lain kurang memuaskan. Salah satu blog menyarankan Little Busters! rilis KAORI fansub yang menawarkan kualitas terjemahan terbaik dengan waktu tunggu yang tidak terlalu lama. Proyek PSO yang tersendat seperti Nichijou, Da Capo III, dan Hidamari S4 pun juga ada penunggu setianya.

Mengenai masalah kualitas ini, ada benang merah yang bisa ditarik. Di tengah haru-biru web anime, jurnalisme sampah, dan fansub asal golek, KAORI Newsline dan KAORI Fansub menawarkan kualitas yang tidak dimiliki oleh kompetitornya.

Meskipun Haganai NEXT laku keras dan artikel Chuunibyou JAV membawa KAORI Newsline ke titik baru, namun Chihayafuru dan artikel Konsumerisme Otaku diapresiasi karena kualitasnya.

KAORI mengemban misi yang begitu luas untuk mengakomodasi pasar yang begitu luas. Tetap merangkul konten-konten yang populer, namun di sisi lain harus masuk ke bidang yang masih enggan digarap orang. Memberitakan Chuunibyou JAV tetap perlu agar orang tahu KAORI, tapi bagaimanapun orang harus mengenal KAORI karena kualitasnya, serta keberpihakannya yang sangat besar pada industri kreatif Indonesia.

Saya percaya KAORI Newsline dan KAORI Fansub tidak akan mengikuti pasar, tapi akan menciptakan pasar baru yang mengutamakan kualitas, menjadi trendsetter yang akan diikuti oleh orang lain.

Lalu, bagaimana dengan KAORI Forum? Ada sedikit pergulatan pikiran yang ingin saya bagi sedikit.

Beberapa hari lalu sempat ada topik yang mengganjal pikiran saya. Bagaimana tetap mempertahankan keunikan KAORI yang mengakomodasi berbagai orang dari berbagai latar belakang, namun di sisi yang sama membimbing mereka agar ikut menjadi cerdas dan meningkatkan kualitas forum secara keseluruhan.

Saya prihatin dengan postingan orang yang berisi misalkan “kk ajarin aku tentang anime”. Atau orang yang mengalami sindrom alay anime. Masih mending bila yang begini bisa dibimbing ke jalan yang benar, namun beberapa orang entah mengapa tidak mau berpikir.

Juga muncul pergolakan antara pengguna lama yang tidak sreg dengan pengguna baru. Ada pula kondisi staf lama yang selek dengan staf baru, ini saya akui memang ada.

Kedua masalah ini sungguh mengusik saya beberapa hari belakangan ini yang tengah fokus dengan revitalisasi Newsline dan Fansub. Namun kata-kata seorang Kincen yang saya hormati menyadarkan saya kembali, kalau terlalu banyak prasangka itu tidak baik!

Sehingga untuk kedua masalah ini, saya akan kembalikan ke model KAORI yang dahulu ada, menyerahkannya pada mekanisme tenggang rasa dan sopan santun masing-masing pribadi. Tidak perlu ada topik khusus yang terkesan membatasi bagaimana seorang pengguna baru harus berinteraksi.

Tadi soal masalah di forum. Untuk rencana pengembangan forum memang baru akan dibenahi habis-habisan di bulan Maret, namun saya akan menyiapkan proposal SIMAK KAORI untuk semester 1 tahun 2013. Mudah-mudahan antusiasme SIMAK KAORI saat ini akan sama baiknya, bahkan lebih baik dari tahun lalu.

Dari tiga bahasan yang saya jabarkan di atas tadi, ada satu kesimpulan yang saya bisa tarik. Bagaimana tetap populer dan semakin digemari orang, dan tetap meneguhkan citra sebagai entitas yang dicari karena kualitas, keramahan, dan cinta Indonesia.

Tetap bekerja, bekerja, dan bekerja dengan passion, dengan inovasi penuh dedikasi!

NB: nantikan kejutan spesial untuk pemesan jaket KAORI jilid ke-4. Niscaya sebanding dengan penantiannya!

Shin Muhammad
Administrator KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.