5mstKementerian Luar Negeri Jepang mengumumkan pemenang International Manga Award yang dilaksanakan untuk keenam kalinya pada tahun ini.

Pememang utama dari kontes ini adalah komik “Listening to the Bell” karya Kosin Jeenseekong, yang berhasil menyabet penghargaan “Gold Award”. Penghargaan “Silver Award” dimenangkan bersama-sama oleh komik “Melon Seed School Vol. 3” karya Ittiwat Suriyamart dari Thailand, “Floating Flower” karya Yao Wei dari Cina, dan “5 Menit Sebelum Tayang” karya M. Fathanul Haq dan Ockto Baringbing,.

“5 Menit Sebelum Tayang” merupakan komik daring yang mengisahkan lika-liku Budi, editor stasiun televisi, dalam menghadapi dunia pertelevisian Indonesia.

Advertisement Inline

Selain keempat judul di atas, sejumlah finalis lain adalah “Dari Alam Angker : Dongeng Geman” karya PUYUH, CORE dari Malaysia dan “Otaku Blue” karya Kerfriden Malo、Marazano Richard dari Perancis.

International Manga Award adalah ajang tahunan rintisan Taro Aso, mantan menteri luar negeri Jepang yang dikenal akan perhatiannya pada kebudayaan anime. Acara ini mulai diselenggarakan sejak Mei 2007 oleh pemerintah Jepang untuk mengapresiasi komikus luar Jepang.

Upacara penganugerahan penghargaan bagi para pemenang Gold Award dan Silver Award dilaksanakan di Tokyo pada 8 Februari mendatang.

KAORI Newsline | sumber dan Litbang KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.