BAGIKAN

Star Ocean adalah seri game RPG yang memiliki konsep unik, yakni SF (Sci-Fi) & Fantasy. Tidak seperti kebanyakan game RPG umumnya, game ini memadukan elemen fiksi ilmiah seperti kecanggihan teknologi serta penjelajahan luar angkasa, dengan elemen fantasi seperti monster, sihir, dan perlengkapan tempur yang unik.

Jalan Cerita

Dirilis 31 Mei 2015 di Jepang dengan judul Star Ocean 5: Integrity and Faithlessness, game ini menceritakan petualangan sang karakter utama Fidel Camuze dan teman-temannya dalam misi menyelamatkan Relia dan Felia, dua anak perempuan dengan kekuatan khusus. Fidel adalah ahli pedang perguruan Camuze yang menjaga dojo (tempat latihan) di desa Sutaru (スタール) sepeninggal ayahnya yang pergi ke ibukota untuk mengajar pedang kepada prajurit istana. Fidel juga mempunyai teman masa kecil yang berjarak umur 5 tahun bernama Miki Sauvester, yang setiap hari mengerjakan pekerjaan rumah dan menyiapkan makanan untuk Fidel.

Petualangan Fidel dan Miki dimulai ketika mereka hendak meminta bantuan prajurit ke ibukota dikarenakan desa mereka diserang oleh grup bandit bernama Eitaron (エイタロン). Di tengah perjalanan, mereka bertemu salah seorang pasukan khusus istana bernama Victor Oakville yang setuju untuk mengantar mereka sampai istana. Mereka pun bertemu dengan Fiore Brunelli, seorang ahli Symbology (nama lain sihir dalam seri Star Ocean) dan menuju ke istana. Fidel bertemu dengan ayahnya dan memohon bantuan, namun tidak mendapat hasil yang memuaskan.

Advertisement Inline

Fidel dan Miki pun memutuskan untuk pulang ke desa. Di tengah perjalanan, mereka diserang oleh kelompok bandit Eitaron. Ketika mereka mulai putus asa karena kalah jumlah, terdengarlah suara di langit dengan asap yang kemudian diikuti dengan bunyi ledakan. Eitaron yang mendengar bunyi itu lantas segera pergi untuk memastikan apakah ada barang berharga di dalamnya. Fidel dan Miki pun mengikuti arah sumber bunyi ledakan dan melihat seorang anak perempuan keluar dari sebuah benda asing yang tidak terlihat, diikuti dengan 2 orang tak dikenal yang membawa senjata. Fidel yang merupakan ahli pedang berhasil menghindari peluru yang melesat, akan tetapi senjatanya tidak bisa menembus jubah yang mereka kenakan. Ketika keadaan mulai gawat, anak perempuan yang keluar dari benda asing tersebut menjerit dan seketika benda di sekitarnya pun berhenti bergerak.

Fitur dan Gameplay

Gameplay dari SO5 kali ini mengambil basis dari seri yang sebelumnya yaitu Star Ocean 3 Till the End of Time yang dirilis untuk konsol Playstation 2 pada tahun 2003 lalu. Yang pernah memainkan SO3 pasti tahu basis serangan Major dan Minor Attack. Dan di SO5 kali ini terdapat fitur bertahan, dan menjadikan Major Attack, Minor Attack, dan Guard menjadi basic dari pertarungan di SO5. Major Attack akan mudah disalip oleh Minor Attack, sementara Minor Attack bisa ditahan dengan Guard, dan Guard akan dipatahkan dengan Major Attack. Hasil dari 3 serangan tersebut akan memengaruhi Reserve Gauge nantinya.

Secara keseluruhan, SO5 menerapkan sistem Seamless (tanpa cutscene, loading, dan semacamnya) pada hampir seluruh game, sehingga pemain tidak perlu pusing memikirkan waktu battle cutscene maupun loading karena semuanya dilakukan bersamaan.

Fitur yang paling mencolok dari SO5 ini adalah battle dengan semua karakter. Jadi tanpa harus memilih Party, pemain bisa mengganti karakter, dan memakai dengan sesuka hati.

Menu

Menu utama Star Ocean 5 (tri-Ace, Inc)
Menu utama Star Ocean 5 (tri-Ace, Inc)

Terdapat fitur baru di sistem battle SO5 yaitu Dodge Step. Dengan ini, pemain bisa menghindar dari serangan musuh dengan cepat, atau bisa berputar ke belakang musuh untuk menyerang.

Sistem battle RPG SO5 mengadopsi sistem seamless battle atau battle berkelanjutan, dimana tidak ada cutscene di setiap encounter dengan musuh.

Sistem Reserve Gauge di SO5 mirip dengan Rush Gauge dan Bonus Gauge dari Seri SO sebelumnya. Dengan menggunakan minimal 3 bar yang terkumpul dari Reserve Gauge ini, setiap karakter nantinya akan bisa mengeluarkan Special Attack yang tentunya lebih besar damage-nya dari Skill Attack. Berapa banyak bar yang ingin digunakan pun bisa diatur secara manual, jadi pemain tidak usah khawatir akan mengeluarkan seluruh isi bar untuk Special Attack.

Reserve Gauge juga berguna sebagai Bonus Gauge. Semakin banyak bar yang terkumpul, maka bonus yang didapat setelah battle akan semakin besar. Bonus dapat berupa Fol (uang), EXP, dan Skill Point (nantinya bisa digunakan untuk unlock/Level UP Role serta Party Skill) mirip dengan seri sebelumnya Star Ocean 4 Last Hope.reserve gauge

Tampilan gameplay dalam Star Ocean 5. (tri-Ace, Inc)
Tampilan gameplay dalam Star Ocean 5, terlihat reserve gauge di sebelah kanan layar. (tri-Ace, Inc / Square Enix)

Adapun Role di sini memegang peran sebagai AI (Artificial intelligence) dari karakter dalam SO5, dan juga sebagai penambah status karakter tentunya. Seperti dalam SO4 sebelumnya ada Plant Killer, Mecha Killer, dan sebagainya. Akan tetapi bisa dikatakan AI SO5 “lebih susah diatur” daripada AI SO4 dikarenakan sistem yang sedikit rumit. Mudah sulitnya battle akan lebih ditentukan dalam penentuan Role ini. Player dapat menaikkan Role Level dengan memakai Role tersebut di battle, atau dengan memakai Skill Point.

Pemilihan Peran (1) (tri-Ace, Inc / Square Enix)
Pemilihan Peran (1) (tri-Ace, Inc / Square Enix)
Pemilihan Peran (2) (tri-Ace, Inc / Square Enix)
Pemilihan Peran (2) (tri-Ace, Inc / Square Enix)

Kemudian terdapat fitur yang bernama Party Skill. Di sini terdapat macam macam skill, mulai dari skill untuk memungut hasil alam seperti Collect, Mine, Fishing, sampai skill yang menaikkan Drop Rate monster, dan memanggil kembali monster yang telah dilawan. Player hanya dapat menaikkan level Party skill dengan Skill Point.

Party Skill (tri-Ace, Inc / Square Enix)
Party Skill (tri-Ace, Inc / Square Enix)

Kemudian Fitur terbaru dari SO5 kali ini adalah Creative Creation. Disini pemain dapat menggunakan berbagai macam barang untuk membuat sebuah barang baru. Kualitas barang tergantung dari nilai “Kualitas” dan “Kotoran”.

Creative Creation (tri-Ace, Inc / Square Enix)
Creative Creation (tri-Ace, Inc / Square Enix)

Masih banyak fitur-fitur baru lainnya yang tidak disebutkan di sini dan bisa dijelajahi oleh pemain SO5 nantinya.

Bersambung ke halaman berikutnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.