Jelang pertemuan antar negara-negara Group of Seven (G-7) di Jepang, kepolisian Jepang kini tengah meningkatkan keamanan di sejumlah tempat umum seperti stasiun, dan tempat umum lainnya. Salah satu usaha dari pihak kepolisian untuk mencegah aksi kejahatan dan memperketat keamanan anti-teroris adalah dengan menempatkan sebuah podium pada Stasiun Tokyo milik East Japan Railway Company (JR East) pada Kamis (19/5).

Bangunan podium dengan tinggi keseluruhan mencapai 3 meter ini ditempatkan di dalam stasiun untuk mengawasi segala kegiatan yang mencurigakan selama pertemuan G-7 yang akan dilaksanakan di wilayah Shima, Prefektur Mie. Sejumlah kelengkapan seperti papan informasi digital (PID) multibahasa serta pengeras suara untuk memberitahu orang-orang yang berada di stasiun untuk waspada terhadap aksi terorisme telah dipasang pada bangunan ini. PID ini nantinya akan menampilkan pesan dalam berbagai bahasa seperti bahasa Inggris, Mandarin, Korea, dan tentunya dalam bahasa Jepang.

Bangunan Podium yang berada di dalam Stasiun Tokyo | Foto: Yuji Endo via Asahi.com
Bangunan Podium yang berada di dalam Stasiun Tokyo | Foto: Yuji Endo via Asahi.com

“Dengan keamanan yang dapat terlihat, kami menginginkan para penumpang tidak takut dan khawatir saat berada di dalam stasiun serta diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi terorisme. Kami akan terbuka terhadap laporan mengenai hal-hal mencurigakan yang terlihat oleh mereka,” jelas Kepala Polisi Khusus Kereta Api, Mayumi Saotome.

Podium ini diletakkan di dekat gerbang masuk yang berada di pintu keluar Marunouchi di Stasiun Tokyo. Seorang petugas polisi akan berdiri dan mengawasi sekitar area tersebut dari tempat berdiri bangunan podium setinggi 70 cm. Keseluruhan dari podium ini terbuat dari pipa alumunium alloy yang berbentuk seperti “Yagura” atau menara pengawas ala Jepang.

Operasi menyeluruh untuk penjagaan di podium ini dimulai pada 20 Mei dan akan dijaga oleh satu orang petugas mulai dari jam 8 pagi hingga jam 8 malam ketika stasiun biasa dipenuhi oleh penumpang. Hal ini akan dilakukan hingga hari akhir dari pertemuan tersebut yaitu pada 27 Mei mendatang.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.