Satu hal yang pasti membuat bingung saat berwisata ke Jepang adalah banyaknya fasilitas umum serta fasilitas transportasi yang tidak menggunakan bahasa umum dunia seperti Bahasa Inggris. Namun kini di salah satu stasiun yang terintegrasi dengan Bandara di Jepang, Stasiun Kereta Api (KA) Bandara Kansai telah menyediakan loket informasi dan pembelian tiket yang dilayani oleh staf berbahasa Inggris dan Mandarin.

Adalah Nankai Electric Railway Company, salah satu perusahaan KA di Jepang yang membuka loket dengan staf multibahasa ini. Hal ini disebabkan jumlah wisatawan asing yang menggunakan layanan KA bandara ini semakin bertambah. Nankai membuka loket ini untuk menawarkan bantuan kepada para wisatawan asing yang tidak dapat berbahasa Jepang, termasuk memberikan detail mengenai tiket serta melakukan penjualan tiket. Staf multibahasa yang berada di loket tersebut akan memberikan informasi selengkap-lengkapnya mengenai kebutuhan serta cara untuk transit menuju tempat yang diinginkan oleh para wisatawan asing.

Loket informasi multibahasa milik Nankai Electric Railway yang dikhususkan untuk wisatawan asing | Sumber: asahi.com
Loket informasi multibahasa milik Nankai Electric Railway yang dikhususkan untuk wisatawan asing | Sumber: asahi.com

Ini merupakan yang pertama kalinya bagi Nankai untuk membuka loket khusus wisatawan asing. Pada loket informasi tiket konvensional, Nankai juga telah memasang terminal tiket khusus untuk menukar voucher kereta yang telah dibeli sebelumnya melalui internet ataupun agen perjalanan di luar negeri.

Menurut keterangan dari Nankai, jumlah penumpang harian yang naik dan turun di Stasiun KA Bandara Kansai meningkat menjadi sekitar 25,000 pada tahun 2016. Jumlah ini meningkat cukup signifikan apabila dibandingkan dengan tahun 2011.

Ketika penerbangan kedatangan sedang ramai-ramainya, antrian di depan loket konvensional juga ikut ramai. Untuk memangkas waktu tunggu untuk para calon penumpang, Nankai telah membangun beberapa fasilitas baru untuk wisatawan asing serta untuk orang-orang yang akan menukar voucher kereta miliknya.

Loket informasi tiket yang terletak diseberang gerbang tiket stasiun ini dibuka mulai dari pukul 10.00 hingga 21.00 waktu setempat.

Tercatat West Japan Railway Company (JR West) telah melakukan hal ini lebih dulu. Pada Agustus 2014, JR West meluncurkan loket pembelian tiket dengan nama Midori-nomadoguchi yang dikhususkan untuk para wisatawan asing yang menyajikan layanan dalam berbagai bahasa.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.