BAGIKAN

Menurut sebuah iklan yang pernah saya lihat, kabarnya setiap manusia bisa menjadi tua, namun belum tentu menjadi dewasa. Dewasa, sebuah sikap ketika seseorang mampu mencapai titik di mana ia bisa melangkah dengan perhitungan yang matang dan efisien. Delapan tahun tentunya tidak singkat dan untuk sebuah entitas, banyak perubahan-perubahan panjang.

KAORI telah bertransformasi, berubah sangat banyak dari bentuk awalnya tahun 2008. Tidak terasa, hari ini anime (bahkan hentai) berbahasa Indonesia begitu mudah didapat, hal yang terdengar konyol bahkan menjadi bahan tertawaan saat dulu dimulai oleh KAORI. Begitu pula kini sudah banyak situs berita anime berbahasa Indonesia (walau lebih banyak yang abal-abal). Komunitas pun tumbuh dan mati lebih cepat sebelum jagung ranum dan panen.

Tentunya selama delapan tahun tersebut banyak sekali friksi, gesekan-gesekan yang timbul sebagai konsekuensi pengambilan keputusan saat itu. Dalam tiga tahun terakhir, KAORI telah dikelola dengan lebih baik, dipercaya oleh banyak pihak mulai dari situs anime kelas internasional sampai pengambil kebijakan di bidang perkeretaapian, serta menjalankan bisnis komersial dengan overhead yang rendah sembari tetap lincah (lean).

Advertisement Inline

Meneruskan tradisi inovasi di awal berdirinya dengan fansub berbahasa Indonesia, KAORI hari ini tetap berinovasi, menyajikan sudut pandang yang mencerahkan (dan terlihat mengguncang keimanan), menjalankan acara diskusi akademik pertama yang bisa diakses oleh umum (dalam Forum Anime Indonesia, dengan sistem boarding pass yang jauh lebih efisien dan efektif), dan mampu menyajikan album dari artis Jepang langsung ke pembelinya di daerah dalam jumlah lumayan (ingat pasar fisik adalah shrinking market.)

Tantangannya tentu ada dua: mendisiplinkan diri sendiri dan terus beradaptasi dengan perubahan. Selama tiga tahun terakhir, banyak masa-masa menyakitkan saat transformasi dari komunitas menjadi entitas profesional sedang dilakukan dan diharapkan akan selesai sepenuhnya pada akhir tahun ini. Sebagian staf pun masih rendah rasa disiplinnya meski telah ada perbaikan remunerasi yang signifikan dibandingkan situs-situs lain setara KAORI.

Secara entitas, KAORI sendiri harus siap untuk setiap perubahan. Asumsi yang berjalan tiga tahun lalu tidak laku hari ini. Anime-anime baru selalu keluar setiap tiga bulan dan tentunya prinsip melihat dunia tetap harus ditanamkan agar tidak menjadi orang yang gagal move on atau terjerumus, melihat dunia dengan kacamata kuda. Perlu bekal ilmu yang memadai sehingga tidak sekadar 孫引き (magobiki), sekadar mengecap. See and observe.

Mudah-mudahan memasuki tahun ke-9, KAORI tetap mampu eksis dan berkembang lebih besar, memberi pencerahan bagi Indonesia dengan cara dan jalan yang baik dan etis. Karena bekerja untuk kebaikan orang lain adalah hal yang amat mulia.

Kevin W
Direktur Utama

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.