Ada saja hal unik yang terjadi saat momen-momen penting sedang berlangsung. Contohnya saat gelaran seremoni perjalanan terakhir seri kereta rel listrik (KRL) Ekspres Terbatas (Limited Express) milik East Japan Railway Company (JR East), seri 485 yang berlangsung pada hari Sabtu (18/6) dan Minggu (19/6) lalu.

Ini terjadi di Stasiun Aizu-Wakamatsu pada seremoni perjalanan terakhir seri 485 di hari Sabtu. Saat KRL tersebut singgah, papan informasi di stasiun tersebut segera menampilkan jadwal keberangkatan KRL tersebut. Namun, papan informasi tersebut rupanya mengalami kesalahan program saat menampilkan nama KA yang mewakili perjalanan terakhir KRL tersebut. Papan informasi yang seharusnya menampilkan “Sayonara 485 Series”, ternyata malah menampilkan nama makanan khas Jepang “Kitakata Ramen(喜多方ラメーン)” pada layarnya.

Papan Informasi yang mengalami gangguan di Stasiun Aizu-Wakamatsu | Foto: Kazuyuki Takeda
Papan Informasi yang mengalami gangguan di Stasiun Aizu-Wakamatsu | Foto: Kazuyuki Takeda

Hal ini membuat heran sejumlah penumpang serta penggemar KA (Railfans) yang ikut dalam perjalanan terakhir KRL tersebut. Tidak hanya itu, pegawai stasiun yang bekerja disana pun merasa heran mengapa nama makanan yang ditampilkan oleh papan informasi tersebut.

Menurut penuturan pihak stasiun, mereka yakin telah memasukkan informasi yang tepat sehari sebelum acara tersebut dan pihak JR pun telah memastikan bahwa informasi tersebut telah berada di dalam sistem sejak tanggal 17 Juni. Namun pada hari pelaksanaannya, papan informasi tersebut menampilkan informasi yang salah selama 30 menit.

“Tidak mungkin kesalahan tersebut dibuat oleh pegawai stasiun,” ujar salah seorang pegawai stasiun. Hal ini menegaskan bahwa pihak stasiun pun masih belum mengetahui apa penyebabnya.

Kitakata Ramen sendiri merupakan salah satu ramen yang paling terkenal di Jepang. Ramen ini merupakan ramen khas kota tetangga Aizu-Wakamatsu, Kitakata yang terletak di Prefektur Fukushima.

Perjalanan Terakhir KRL seri 485, Setelah 52 Tahun Beroperasi

Seperti pada umumnya, perjalanan terakhir ini merupakan ajang perpisahan antara KRL tersebut dengan para penggemarnya serta sebagai bentuk penghormatan terakhir sebelum KRL yang telah beroperasi selama 52 tahun tersebut pensiun. Dan juga, KRL seri 485 ini merupakan salah satu KRL yang terkenal di kalangan Railfans Jepang.

Pada perjalanan terakhirnya, KRL seri 485 ini beroperasi sebagai KA Hibari (Sendai – Koriyama) dan dilanjutkan menjadi KA Ekspres Aizu (Koriyama – Aizu-Wakamatsu) pada hari Sabtu dan beroperasi sebagai KA Tsubasa (Sendai – Yamagata) pada hari Minggu.

Para Railfans Jepang yang berkumpul untuk mengabadikan momen perjalanan terakhir KRL seri 485 | Foto: Hiroki-san
Para Railfans Jepang yang berkumpul untuk mengabadikan momen perjalanan terakhir KRL seri 485 | Foto: Hiroki

Sejumlah Railfans dari berbagai daerah pun turut serta dalam acara ini, ada yang ikut perjalanannya, mengikuti seremonial pemberangkatan KRL tersebut, dan ada pula yang hanya sekedar berburu foto perjalanan terakhir KRL seri 485 ini. Saat KRL seri 485 tersebut mulai berangkat dari Stasiun Sendai, Para Railfans yang berada di peron secara serentak mengucapkan “Arigatou!!” atau Terima Kasih.

Tidak ingin melewatkan momen | Foto: Hiroki-san
Tidak ingin melewatkan momen sedikitpun | Foto: Hiroki

Kini, KRL seri 485 telah resmi pensiun dari masa dinasannya. Terima Kasih, KRL seri 485!

Cemplus Newsline by KAORI

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.