indonesia

Dalam beberapa waktu kedepan KAORI akan mengadakan Nonton Bareng World Cosplay Summit 2016 dimana tim Indonesia akan berlaga di sana menghadapi 29 negara termasuk Inggris, Amerika Serikat dan Jepang. Acara tersebut berlangsung tanggal 6-7 Agustus 2016 dengan tajuk “Road to KAORI Expo” bertempat di Plaza Blok M.

13282336_1085918154813362_1407634399_o

Indonesia bergabung dengan World Cosplay Summit sejak tahun 2012, tepat pada saat peringatan 10 tahun World Cosplay Summit yang diadakan sejak tahun 2003. Bersama dengan Rusia dan Inggris, Indonesia menjadi salah satu negara yang disebut komunitas cosplay-nya berkembang cukup pesat. Lantas bagaimanakah perkembangan Indonesia di World Cosplay Summit belakangan ini? Mari kita bahas perwakilan Indonesia 5 tahun belakangan ini.

Advertisement Inline

World Cosplay Summit Indonesia 2012: Kosplei Team

Merupakan perwakilan Indonesia pertama untuk World Cosplay Summit, mereka adalah Zhuge Kamiya dan Konnichi Kurenai dari Bandung dengan nama tim mereka Kosplei Team. Saat itu Indonesia sebagai negara yang baru ikut serta mendapat kesempatan bertemu Menteri Luar Negeri Jepang, Mr. Fumio Kishida bersama dengan negara Rusia dan Inggris. Di tahun pertama ini pula Indonesia meraih juara ke-3 World Cosplay Summit dengan judul cosplay yang mereka bawakan adalah Patlabor, anime populer yang pernah tayang di salah satu stasiun televisi swasta Indonesia. Ada 20 negara yang ikut serta saat itu termasuk Indonesia.

1
Bersama Menteri Luar Negeri Jepang, Mr. Fumio Kishida, perwakilan Inggris dan Rusia.
1a
Penyerahan hadiah oleh juri WCS.

Video penampilan WCS Indonesia 2012

World Cosplay Summit Indonesia 2013 : Daikon Sky

Tahun 2013, kembali Indonesia mengirimkan perwakilannya untuk World Cosplay Summit. Kali ini Indonesia diwakili oleh Zainal Naru dan Echow Eko dari Jakarta dengan nama tim Daikon Sky. Tahun ini Indonesia berkesempatan bertemu dengan Gubernur dari Perfektur Aichi yaitu Mr. Hideaki Omura dan mengunjungi museum mesin jahit di Brother Factory/ Company. Kompetisi World Cosplay Summit sendiri setelah melewati tahun ke-10 ada sedikit perubahan. Di tahun tersebut 22 negara ikut serta dan Indonesia menampilkan Kingdom Hearts: Birth by Sleep dalam kompetisinya.

2
Bersama Gubernur Perfektur Aichi, Mr. Hideaki Omura dan perwakilan negara lainnya.
2a
Perjalanan ke Osu Shopping Center, Nagoya.

Video penampilan WCS Indonesia 2013

World Cosplay Summit Indonesia 2014 : One OK Cosplay

Indonesia kembali mengirimkan perwakilannya ke World Cosplay Summit, mereka adalah Dharma Setiawan dan Ryan Anggoro dari Jogjakarta dengan nama tim mereka One OK Cosplay. Untuk tahun yang ketiga ini Indonesia tidak melakukan kunjungan formal seperti sebelumnya, kali ini mereka berkesempatan jalan-jalan ke Perfektur Gifu yang terkenal sebagai pusat produsen benda-benda tajam dan alam pedesaannya. Di tahun 2014, tempat untuk kompetisinya berpindah dari Oasis 21 yang merupakan panggung outdoor ke Aichi Arts Center yang menghadirkan panggung indoor, dan dengan judul cosplay Onimusha 3 kembali Indonesia meraih juara ke-3 World Cosplay Summit dan Joysound Award sebagai tim dengan sound effect yang bagus, dimana Indonesia berkompetisi dengan 23 negara kontestan lainnya.

3
Perjalanan ke Perfektur Gifu.
3a
Penyerahan Joysound Award untuk tim Indonesia.

Video penampilan WCS Indonesia 2014

World Cosplay Summit Indonesia 2015 : Eternal Creativity

Jogjakarta kembali mengirimkan cosplayer kebanggaan mereka menjadi perwakilan Indonesia di World Cosplay Summit 2015 dengan tim mereka yang bernama Eternal Creativity beranggotakan John Switch dan Yonchan. Di tahun keempatnya, Indonesia berkunjung ke beberapa tempat yaitu Rohto Factory, museum mesin jahit di Brother Factory/ Company dan Inuyama Castle. Dimulai tahun ini juga perkenalan seluruh peserta World Cosplay Summit berpindah dari Centrair Airport ke Laguna Ten Bosch yang memiliki replika kapal laut One Piece, Thousand Sunny. Negara yang ikut serta pun semakin bertambah menjadi 26 negara peserta dengan kualitas kostum yang semakin tinggi. Indonesia saat itu membawakan penampilan cosplay serial game thriller horror, Silent Hill untuk kompetisinya.

4
Perkenalan para perwakilan WCS di Laguna Ten Bosch.
4b
Tim Indonesia di Nishiki Boulevard Red-Carpet Parade.

Video penampilan WCS Indonesia 2015

World Cosplay Summit Indonesia 2016 : CRUSNIX

Tahun 2016 ini, format kompetisi World Cosplay Summit berubah total dengan adanya video background sebagai pelengkap dari penampilan tiap kontestan. Dengan 30 peserta yang ikut serta, akan ada 2 sesi kompetisi yaitu Penyisihan 15 besar dan final World Cosplay Summit. Indonesia di tahun ke-5 keikutsertaannya di World Cosplay Summit akan mengirimkan Rian Cyd dan Frea Mai dari Jakarta dengan timnya CRUSNIX. Mereka akan berangkat dari tanggal 29 Juli nanti dan membawakan serial Trinity Blood. Apakah mereka akan meraih yang terbaik seperti perwakilan-perwakilan sebelumnya? Yuk, kita support mereka dengan nonton bareng di Road to KAORI Expo, 6-7 Agustus nanti. Kita berdoa demi kesuksesan mereka disana.

5
Perwakilan Indonesia 2016 bersama dengan kontestan dan para juri.
0566 team crusnik
Cosplay Cain dan Seth dari Trinity Blood oleh perwakilan Indonesia

Itulah para perwakilan Indonesia di World Cosplay Summit selama 5 tahun belakangan ini, semoga mereka menjadi inspirasi bagi para cosplayer Indonesia. Siapa yang mau menyusul seperti mereka?

KAORI Newsline | Oleh Zhuge Kamiya, penulis merupakan perwakilan Indonesia untuk ajang World Cosplay Summit pada tahun 2012. | Sumber foto: Indonesia Cosplay Grand Prix & Anibee TV.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.