Pasca Gempa Di Kumamoto, Kereta Wisata Ini Kembali Beroperasi

0
Sebuah kereta api milik Minami Aso Railway Co. di tengah cerahnya hari Minggu di Minami Aso, Prefektur Kumamoto setelah berhenti beroperasi selama 108 hari | KYODO | Sumber: Japantimes.com

Jalur Minamiaso di Prefektur Kumamoto kembali melanjutkan pengoperasian kereta wisatanya. Sebelumnya, pengoperasian kereta wisata di wilayah tersebut sempat terhenti selama 108 hari akibat gempa yang merusak rel kereta api sepanjang 18 km.

Pengoperasian kembali jalur yang menghubungkan Stasiun Takamori di Kota Takamori dengan Stasiun Nakamatsu di pemukiman Minamiaso sepanjang 7 km diharapkan mampu membantu merevitalisasi pariwisata di Kyushu. Jalur ini dioperasikan oleh Minami Aso Railway Co.

Sebuah acara perayaan diadakan di Stasiun Takamori sebagai bentuk pengumuman pengoperasian kembali kereta wisata yang sebelumya sempat terhenti itu. Kereta wisata Torokko juga diluncurkan pada acara tersebut. Selain itu dibuka juga penjualan pernak-pernik lokal dan pembukaan museum kereta api.

Perusahaan swasta tbk. terpaksa menghentikan pengoperasian kereta di jalur tersebut pada 15 April lalu akibat gempa yang sangat kuat di Kumamoto dan di sekitar Kyushu. Sebuah longsor yang terjadi pada 16 April menambah parah kerusakan di jalur kereta api.

Advertisement Inline

Menurut pejabat kota dan pihak berwenang di Takamori, jumlah wisatawan yang mengunjungi wilayah disepanjang jalur tersebut turun hingga 80 persen. Dioperasikannya kembali jalur Minami Aso sangat diharapkan mampu meningkatkan pariwisata di wilayah tersebut.

“Tapi belum dapat diketahui kapan kereta api ini akan beroperasi secara penuh. Hal ini dilihat dari minimnya keuntungan jika jalur Nakamatsu – Tateno di Minamiaso dibuka. Jalur ini sebelumnya rusak akibat longsor.”, ucap Direktur Utama Minami Aso Railway Takamori Mayor Daisei Kusamura.

Cemplus Newsline by KAORI

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.