Wondervid Dorong Kreator Video Online Indonesia untuk Kembangkan Industri Ekonomi Kreatif Digital

1

Indonesia diyakini menjadi salah satu negara yang paling potensial dalam pertumbuhan industri ekonomi kreatif digital dari segi talent maupun market. Perkembangan teknologi internet yang menandai berlangsungnya era prosumer memungkinkan pengguna internet memproduksi kontennya sendiri dan menyebarkannya ke khalayak luas. Bentuk konten itu pun tak terbatas pada teks, melainkan juga audio-visual.

Saat ini pengguna internet di Indonesia menghabiskan rata-rata sekitar 4 jam 42 menit untuk mengakses internet di PC atau tablet dalam sehari. Di sisi lain, popularitas televisi menurun. Rata-rata pengguna hanya menonton televisi 2 jam 22 menit per hari.

Untuk mendorong semakin banyaknya video content creator yang berkualitas, Layaria menghadirkan YouTube’s Biggest Superstars inspiratif dari seluruh wilayah Indonesia di dalam acara Wondervid, Sabtu (13/8). Bertempat di Merak Room, Jakarta Convention Center, Wondervid tahun ini hadir sebagai special event selama satu hari penuh di dalam rangkaian Popcon, festival pop culture terbesar se-Asia.

Penyelenggaraan Wondervid yang lebih lama dan intens dibandingkan tahun-tahun sebelumnya merupakan respons terhadap fakta bahwa terdapat lebih dari 88.1 juta pengguna internet aktif di Indonesia. Namun saat ini jumlah video content creator di Indonesia masih kurang dari angka 1.000. Wondervid menjadi bentuk komitmen Layaria sebagai online video studio and management untuk para kreator video online dalam upaya mengembangkan ekosistem industri ekonomi kreatif digital.

Wondervid 2016 terbagi menjadi dua segmen, yaitu talks dan performance. Talks terbagi menjadi beberapa tema, seperti Life Transformation in a Second Exclusive, Celebrity and Vlogging, Online Video Education, dan Branding Melalui Video. Sementara itu, performance akan dilakukan oleh beberapa YouTubers yang berkolaborasi untuk menghibur dan membuktikan bahwa kolaborasi dapat membuat kualitas konten jadi lebih bagus.

Dalam tema Life Transformation in a Second Exclusive, hadir Koharo TV, Kevin Anggara, dan Duo Harbatah yang mengalami dampak signifikan berkat memanfaatkan internet sebagai kanal kreasi online video berdurasi beberapa detik seperti Instagram dan Vine. Untuk Celebrity and Vlogging, Vidi Aldiano hadir untuk menceritakan bagaimana dirinya mengoptimalkan vlogging dalam berkarya.

Sesi Online Video Education ingin mendorong kreator untuk membuat konten yang mendidik di tengah ketiadaan kontrol atas kualitas konten di internet. Speakers sesi ini adalah beberapa kreator konten video edukatif, yaitu Kok Bisa Channel, Kratoon Channel, dan Sepulang Sekolah.

“Sudah banyak orang pintar di Indonesia. Kita ingin bikin jembatan untuk ilmu itu supaya bisa sampai ke orang banyak. Sudah saatnya kita buat tayangan mendidik seperti negara-negara luar,” ujar Tim Kok Bisa Channel.

Selain menargetkan individu kreatif sebagai kreator, Wondervid juga menghadirkan talkshow untuk kelompok bisnis lewat Branding Melalui Video. Bukalapak menjadi speaker sebagai salah satu startup yang memanfaatkan YouTube untuk membuat kampanye hingga webseries untuk branding perusahaan.

Sekilas Tentang WonderVid

Wondervid merupakan program khusus yang diselenggarakan Layaria untuk mendorong dan menginspirasi lebih banyak orang agar menjadi video online content creator yang berkualitas. Wondervid percaya bahwa perkembangan kreator dan konten video online bisa mengembangkam industri ekonomi kreatif digiral. Pada tahun 2016, Wondervid menjadi special event dalam rangkaian Popcon yang berlangsung sehari penuh, tepatnya pada Sabtu, 13 Agustus di Merak Room, Jakarta Convention Center.

Sekilas Tentang Popcon Asia

Popcon Asia atau Popular Culture Convention Asia, adalah festival terbesar di Asia untuk konten terkait industri kreatif, terutama komik, mainan, film, dan animasi dari kreator lokal dan internasional. Popcon Asia bertujuan mengembangkan hak kekayaan intelektual para kreator Indonesia, dan mempromosikannya ke dunia. Pada tahun 2016 ini, Popcon akan diselenggarakan untuk yang kelima kalinya pada Jumat-Minggu, 12-14 Agustus 2016 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Selatan.

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak ada hubungan dengan kebijakan editorial KAORI Nusantara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.