Membangkitkan Harapan 24: Memperluas Harapan Baru

0

datealive-rinne

Harapan tidak bisa selalu terwujud. Oleh karena itu, penting untuk memperluas harapan-harapan itu, supaya bila punya 10 harapan, setidaknya ada 5 yang terwujud. Lebih baik daripada 0 harapan dan tidak ada hal yang berubah dalam hidup ini.

Selama sekitar dua minggu terakhir, saya melakukan beberapa lobi ke panitia acara-acara jejepangan. Ada yang bagus, ada pula yang syukur diterima karena memang mengirimkan proposalnya saja sudah terlambat.

Sebagai contoh, adalah acara Comic Frontier 2 yang akan digelar bersamaan dengan Gelar Jepang UI mendatang. Alhamdulillah MoU untuk acara ini sudah diteken, yang berarti tugas berat berikutnya ada di tangan pengguna KAORI itu sendiri.

Dari sisi hubungan eksternal, tentu tugas divisi pemberitaan (Newsline) dan jejaring sosiallah di sini yang berperan. Sementara dalam masalah “mau apa KAORI di acara ini”, tentu selekas-lekasnya sudah harus memulai persiapan dari sekarang.

Tentu pada acara tahun ini, saya berharap tidak ada lagi artbook tidak laku dan antologi yang dikerjakan sehari semalam (dan menyebabkan terjadinya operasional biaya tinggi). Apalagi KAORI sedang krisis keuangan saat ini.

Mendapat kesempatan berpartisipasi dalam ajang untuk mencerahkan dan membangkitkan kemungkinan pengguna untuk bersinar, ambil segera kesempatan ini! Jangan tunggu bola, jangan tunggu admin komentar, siapkan dan tampilkan di depan umum agar potensimu bersinar!

Kemudian, ada lagi keikutsertaan KAORI di Hobby Fest. Untung sekali pendaftarannya masih diterima oleh panitia, atau KAORI terancam menanggung malu tidak bisa berpartisipasi karena lahan yang disediakan amat terbatas.

Di ajang ini, tentu persiapannya juga harus maksimal. Pasokan Toa dan televisi layar datar harus diamankan demi bisa dipajang di stan. Spiker berkekuatan tinggi sebagaimana yang dipakai di acara Bijac pun juga akan tersedia nanti.

Namun hal yang paling penting adalah, bagaimana Daop 1 mampu mengkonsolidasikan diri mereka jelang acara ini. Kalau berkaca dari persiapan acara yang dimulai sejak akhir tahun lalu (hot event, lalu bijac), tampak sudah mulai ada kesadaran untuk menyiapkan acara dari para pengguna-pengguna Daop 1.

Semoga saja di kesempatan berikutnya, tidak ada lagi dead weight alias cuma mejeng, cuma menghisap sumber daya, dan tidak membantu apa-apa. Semua harus urunan, buktikan jangan sampai kalah dari yang lain.

Pun, di acara ini terbuka kesempatan untuk memperluas relasi dengan komunitas lain. Semoga saja, bisa terbuka kerja sama yang lebih baik dalam acara ini.

Ada pula bagian memperluas harapan yang lain. Ini masih ada hubungannya dengan kegiatan-kegiatan KAORI di mana tulisan “dicari fujoshi” itu masih lebih menarik perhatian orang-orang.

Mulai bulan April 2013, KAORI Fansub akan mengerjakan Utapri Maji 2000%. Untung sekali penerjemah sudah siap untuk mengerjakan anime ini (tinggal ditatar masalah teknis dan alurnya saja nanti). Dari sini, KAORI siap menggunakan relasi eksternalnya untuk mengakomodasi ceruk pasar yang tidak banyak dilirik oleh orang saat ini.

Saya sendiri menonton Utapri musim pertama, dan meski kecewa dengan akhirnya, saya berharap musim kedua ini membawa harapan baru baik bagi saya maupun bagi KAORI itu sendiri.

Di akhir, jelang lima tahun KAORI yang akan jatuh pada bulan Mei mendatang, harapan baru (termasuk untuk silaturahmi lintas Daop) pun terus bermunculan. Semoga dari deretan harapan yang telah ditulis selama 23 episode belakangan ini, minimal separuhnya sudah menjadi kenyataan hari ini.

Seluruh upaya yang dilakukan sebelum ini saling berhubungan. Newsline kuat fansub kuat ikut menjaring orang, kemudian mereka akan masuk ke forum dan selanjutnya memperkuat Newsline dan fansub.

Saya sangat penasaran dan akan terus menantikan, seperti apa teman-teman KAORI mampu membawa inovasi ke titik terbaru yang belum pernah dibayangkan sebelumnya!

Shin Muhammad
Administrator KAORI

Ilustrasi: Rinne Utopia/Date a Live, proyek KAORI Fansub mulai bulan April mendatang.

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses