BAGIKAN

Sesi kualifikasi seri keenam Super GT di Sirkuit Suzuka (panjang 5,807 m) telah berlangsung pada tanggal 27 Agustus 2016. Selain menjadi balapan dengan jarak tempuh terpanjang (1000 km) dan memiliki nilai sejarah tersendiri, balapan ini juga ditunggu oleh para penggemar karena menjadi seri yang memperebutkan poin ganda bagi para peserta yang berhasil finish.

Pabrikan Honda melalui mobil Drago Modulo NSX CONCEPT-GT #15 serta UPGARAGE BANDOH 86 #18 masing-masing berhasil meraih pole position perdana di kelas GT500 dan GT300 pada musim ini.

Balapan seri keenam Super GT di sirkuit ini dapat disaksikan secara gratis dan legal melalui saluran NISMO TV di situs YouTube. Dipandu dengan komentar berbahasa Inggris oleh tim Radio Le Mans, siaran live-streaming tersebut dapat disaksikan pada tanggal 28 Agustus 2016 mulai pukul 12.30 waktu Jepang atau 10.30 WIB.

GT500

Advertisement Inline

Di sesi kualifikasi pertama (Q1), Drago Modulo NSX CONCEPT-GT #15 yang dikemudikan oleh Oliver Turvey berhasil memimpin dengan catatan waktu 1’47.638 detik. Di belakangnya, Forum Engineering ADVAN GT-R #24  dan WedsSport ADVAN RC F #19 masing-masing berada di urutan kedua dan ketiga dengan catatan waktu 1’47.963 dan 1’48.007.

Mitsunori Takaboshi yang menggantikan posisi Katsumasa Chiyo di mobil S Road CRAFTSPORTS GT-R #46 kakibat insiden di seri sebelumnya berada di posisi ketujuh dengan waktu 1’47.963. Sang juara bertahan sekaligus pemimpin klasemen sementara, MOTUL AUTECH GT-R #1 harus tersisih di sesi ini dengan berada di urutan 12 dengan waktu 1’48.896

Di sesi Q2, Dua mobil yang start di posisi terdepan berhasil memecahkan rekor sirkuit (1’47.630). Mobil Drago Modulo NSX #15 yang kini dikemudikan oleh Hideki Mutoh berhasil meraih pole position di kelas GT500 dengan catatan waktu 1’47.456. S Road GT-R #46 dan CALSONIC IMPUL GT-R #12 akan start dari posisi kedua dan ketiga dengan catatan waktu  1’47.587 dan 1’47.922.

Berikut adalah hasil lengkap sesi kualifikasi seri keenam Super GT 2016 kelas GT500 di Sirkuit Suzuka.

  1. #15 Drago Modulo NSX CONCEPT-GT – 1’47.456 (R)
  2. #46 S Road CRAFTSPORTS GT-R – 1’47.587 (R)
  3. #12 CALSONIC IMPUL GT-R – 1’47.922
  4. #19 WedsSport ADVAN RC F – 1’48.114
  5. #8 ARTA NSX CONCEPT-GT – 1’48.191
  6. #17 KEIHIN NSX CONCEPT-GT – 1’48.534
  7. #24 Forum Engineering ADVAN GT-R – 1’48.696
  8. #38 ZENT CERUMO RC F – 1’49.327
  9. #64 Epson NSX CONCEPT-GT – 1’48.679
  10. #6 WAKO’S 4CR RC F – 1’48.763
  11. #36 au TOM’S RC F – 1’48.861
  12. #1 MOTUL AUTECH GT-R – 1’48.896
  13. #100 RAYBRIG NSX CONCEPT-GT – 1’49.150
  14. #37 KeePer TOM’S RC F – 1’49.157
  15. #39 DENSO KOBELCO SARD RC F – 1’49.204

Keterangan:
Cetak tebal: Hasil Q2
(R): Memecahkan rekor sirkuit

GT300

Di sesi Q1, mobil SYNTIUM Apple LOTUS #2 yang turun dengan regulasi teknis Mother Chassis berhasil tampil dominan sekaligus memecahkan rekor dengan waktu 1’57.811 (rekor sebelumnya 1’58.248), kemudian disusul oleh UPGARAGE BANDOH 86 #18 dan LEON CVSTOS AMG-GT #65 yang sama-sama mencetak waktu 1’58.923. Mobil EVA RT TEST-01 Rn-s AMG GT #111 alias Eva Racing harus tersisih di sesi ini dengan waktu 2’01.074 di posisi ke-23.

Di sesi Q2, mobil-mobil yang turun dengan regulasi JAF-GT dan Mother Chassis tampil dominan di posisi 5 teratas. Mobil UPGARAGE 86 #18 berhasil meraih pole position perdana dan juga mematahkan kembali rekor sirkuit di kelas GT300 pada musim ini dengan catatan waktu 1’57.876. Toyota Prius apr GT #31 dan SYNTIUM Apple LOTUS #2 masing-masing akan start dari posisi kedua dan ketiga dengan catatan waktu 1’58.092 dan 1’58.127.

Sementara itu, sang juara bertahan kelas GT300, GAINER TANAX GT-R #0, dan GOODSMILE HATSUNE MIKU AMG #4 berturut-turut akan start dari posisi keenam dan ketujuh dengan catatan waktu 1’58.947 dan 1’58.981.

Berikut adalah hasil lengkap sesi kualifikasi seri keenam Super GT 2016 kelas GT300 di Sirkuit Suzuka.

  1. #18 UPGARAGE BANDOH 86 – 1’57.876 (R)
  2. #31 TOYOTA PRIUS apr GT – 1’58.092 (R)
  3. #2 SYNTIUM Apple LOTUS – 1’58.127 (R)
  4. #61 SUBARU BRZ R&D SPORT – 1’58.348
  5. #25 VivaC 86 MC – 1’58.608
  6. #0 GAINER TANAX GT-R – 1’58.947
  7. #4 GOODSMILE HATSUNE MIKU AMG – 1’58.981
  8. #33 Excellence Porsche – 1’59.230
  9. #65 LEON CVSTOS AMG-GT – 1’59.484
  10. #63 DIRECTION 108 HURACAN – 1’59.728
  11. #3 B-MAX NDDP GT-R – 1’59.904
  12. #21 Hitotsuyama Audi R8 LMS – 2’00.020
  13. #26 TAISAN SARD FJ AUDI R8 – 2’00.235
  14. #88 MANEPA LAMBORGHINI GT3 – 2’00.559
  15. #11 GAINER TANAX AMG GT3 – 2’00.366
  16. #48 DIJON Racing GT-R – 2’00.522
  17. #87 triple a LAMBORGHINI GT3 – 2’00.530
  18. #51 JMS LMcorsa 488 GT3 – 2’00.563
  19. #360 RUNUP Group&DOES GT-R – 2’00.609
  20. #7 Studie BMW M6 – 2’00.654
  21. #9 GULF NAC PORSCHE 911 – 2’00.720
  22. #108 DIRECTION 108 HURACAN – 2’00.782
  23. #111 EVA RT TEST-01 Rn-s AMG GT – 2’01.074
  24. #55 ARTA BMW M6 GT3 – 2’01.168
  25. #22 R’Qs SLS AMG GT3 – 2’02.591
  26. #60 SYNTIUM LMcorsa RC F GT3 – 2’06.136
  27. #30 TOYOTA PRIUS apr GT – 2’09.739
  28. #50 ODYSSEY SLS – 3’30.950
  29. [DNR] #5 MACH SYAKEN MC86 – N/A

Keterangan:
Cetak tebal: Hasil Q2
DNR: Did Not Race

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.