Tokyo Metro 6114F (ilustrasi) | Sumber: allaboutjapantrains.com

Angkutan barang dan logistik merupakan sebuah bisnis besar dan semakin hari semakin besar. Menurut data dari situs Accenture, pertumbuhan bisnis tersebut mencapai sekitar 3 persen per tahun dengan penuruan yang sangat kecil. Kira-kira berapa banyak barang yang sekarang dikirim jika dibandingkan dengan kondisi 5 tahun lalu?

Kereta api (KA) menjadi salah satu angkutan yang digunakan untuk mengangkut barang dalam jumlah besar. Rekor untuk KA terpanjang di dunia pernah tercatat di benua Australia. KA barang yang berjalan dari Newman menuju Port Headland sejauh 275 km membawa 682 gerbong barang isi bijih besi. Panjang rangkaian KA tersebut bahkan mencapai 7,353 km dan hanya dikemudikan oleh satu masinis dengan melibatkan 8 lokomotif seri GE AC6000.

Dan di Tokyo, salah satu dari jaringan kereta apinya mencoba untuk melakukan jasa pengiriman paket menggunakan KA bawah tanahnya sebagai cara untuk mempercepat pengiriman barang untuk sampai ke tengah kota.

Advertisement Inline

Perusahaan kereta api dan transportasi, Tokyo Metro Co. sebagai pemiliki jaringan KA bawah tanah terbesar di Tokyo mencoba untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan kereta api dan transportasi seperti Yamato Transport Co., Sagawa Express Co. dan Japan Post Co., Tobu Railway Co., operator Tobu Tojo Line, yang terkoneksi dengan jalur Yurakucho.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk pengurangan emisi buang dari kendaraan seperti truk dan mengurangi kemacetan. Selain itu, kurangnya pengemudi truk juga menjadi faktor lainnya.

Dalam masa uji cobanya, pengiriman barang akan dilakukan dari stasiun Shin-Kiba di timur Tokyo atau di stasiun Wakoshi, Prefektur Saitama. Parcel akan dikirim ke pusat kota Tokyo dimana selanjutnya akan dibawa oleh truk di dekat Yurakucho, Ginza-itchome dan stasiun Shintomicho. Ketiga stasiun tersebut berada di dekat Ginza, salah satu pusat perbelanjaan tersebesar di Jepang.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.