Selasa (4/10), PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (DAOP) IV Semarang akhirnya resmi memberhentikan operasi dari perjalanan Kereta Api (KA) Blora Jaya Ekspres untuk relasi Semarang – Bojonegoro dan Cepu Ekspres. KA Blora Jaya Ekspres sendiri mempunyai dua perjalanan, yakni Cepu – Semarang dan Semarang – Bojonegoro. Sedangkan, KA Cepu Ekspres ini melayani perjalanan dari Semarang Poncol – Cepu serta Cepu – Surabaya Pasar Turi.

KRDI AC Cepu Ekspress Melewati Area Tambak Ronggowarsito
KRDI AC Cepu Ekspres Melewati Area Tambak Ronggowarsito

Kedua KA ini menggunakan rangkaian Kereta Rel Diesel (KRD) buatan PT Industri Kereta Api (INKA) Madiun dan telah melayani penumpang di jalur ini sejak tahun 2009.

KA Blora Jaya Ekspres merupakan rangkaian KRD yang dioperasikan di DAOP IV Semarang setelah KRDI Banyu Biru dan KRDI Kaligung. Kereta ini awalnya melayani penumpang dengan rute Cepu – Semarang Poncol – Bojonegoro PP dan seiring dengan waktu maka perjalanannya pernah ditambahkan menjadi dua kali sehari menggunakan rangkaian MCW. KA Cepu Ekspres merupakan rangkaian KRD dan memiliki pendingin udara (Air Conditioner) pertama yang digunakan untuk melayani penumpang di rute Cepu – Surabaya Pasar Turi PP dan kemudian diperpanjang hingga Semarang Poncol serta mempunyai dua nama menjadi KA Blora Jaya Ekspres AC dari koridor Cepu hingga Semarang Poncol PP.

Kedua KA ini akhirnya dinonaktifkan seiring berjalannya KA Ambarawa Ekspres pada hari yang sama dan diharapkan mampu melayani penumpang dengan kapasitas yang lebih besar dalam sekali jalan.

Informasi resmi dari PT KAI
Informasi resmi dari PT KAI

Cemplus Newsline by KAORI

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.