Apapun Kata Yamakan, Wake Up, Girls! Tetap Berkarya

0

Yutaka Yamamoto alias Yamakan, sosok di balik Haruhi Suzumiya, Lucky Star, dan Wake Up, Girls! baru-baru ini sempat memberikan pernyataan kontroversial. Dalam perbincangannya dengan mantan staf Gainax dan komentator budaya Toshio Okada alias Otaking baru-baru ini, Yamakan yang pada bulan Juli lalu sempat berujar secara pribadi bahwa “anime sudah mati” ini, sempat menuturkan bahwasanya anime telah bergerak terlalu jauh berlawanan dengan yang ia lakukan.

Lebih jauh Yamakan juga berujar bahwasanya moe dirasanya telah “menjadi fasis” dalam arti pencitraannya telah dikendalikan dengan sebuah aturan tak tertulis: “Jangan memperlihatkan celana dalam. Memperlihatkan celana dalam adalah apa yang diinginkan oleh pria, jadi lakukan saja.” Dirinya sendiri mengaku bahwasanya ia lebih menyukai untuk berkarya dengan aturannya sendiri, namun justru mendapat kritik setiap kali ia melakukannya, dan mengklaim bahwasanya ia “tidak bisa melakukannya setiap saat.”

Lebih jauh, Yamakan juga merasa bahwa anime-anime yang membuatnya ingin memasuki industri ini telah menghilang, di mana ia merasa bahwa eranya sudah berakhir setelah Hayao Miyazaki pensiun. Meskipun begitu ia mengapresiasi your name. karya Makoto Shinkai yang membuatnya merasa bahwa dirinya “masih punya teman,” dan masih punya harapan, namun ia merasa bahwa waktu telah berubah. Dirinya merasa sendirian dan mengeluhkan berkurangnya anime yang ia kenal seperti Nausicaa atau serial Evangelion.

Di sisi lain, Yamakan turut memuji tren terkini di mana beberapa anime mulai diproduksi untuk menggaet kaum yang bukan penggemar tradisional anime. Ia menyebutkan bahwasanya banyak fans anime yang memiliki pacar dan hobi lainnya dan tidak menyukai stereotip otaku. Film-film seperti Godzilla Resurgence, your name., In This Corner of the World, dan Zootopia cocok dalam kategori ini, di mana anime-anime ini seperti yang disebutkan oleh Toshio Okada, tidaklah dimaksudkan untuk menjual pernak-pernik.

Advertisement Inline

640x269

Namun, terlepas dari apa yang dituturkan oleh Yamakan, Wake Up, Girls!, grup idola yang merupakan salah satu karyanya masih tetap berkarya. Tercatat grup Wake Up Girls! yang terdiri dari Airi Eino, Kaya Okuno, Mayu Yoshioka, Minami Tanaka, Miyu Takagi, Nanami Yamashita, dan Yoshino Aoyama ini baru-baru ini telah merilis video klip untuk single terbaru mereka “Bokura no Frontier.” Lagu ini sendiri digunakan sebagai penutup dari anime Shakunetsu no Takkyu Musume (Scorching Ping Pong Girls), dan merupakan lagu pertama dari grup tersebut yang sama sekali tidak berhubungan dengan anime Wake Up, Girls!

shakunetsupingpong

Adapun versi full dari video klip lagu terbaru Wake Up Girls! ini sendiri akan dihadirkan pada CD + DVD yang akan dirilis pada 25 November 2016 mendatang. Single ini juga akan memasukkan satu track lagi, yang sampai sekarang masih belum diberi judul.

Simak cuplikan dari video klipnya berikut ini:

KAORI Newsline | Courtesy of Nico Nico News OriginalAnimate Times, & ANN

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.