BAGIKAN

Di tahun 2016 ini, Indonesia Comic Con kembali menghibur penggemar budaya populer di Jakarta. Ajang yang diselenggarakan oleh ReedPop ini masih bertempat di Jakarta Convention Center Hall A-B, Senayan, Jakarta. Seperti sebelumnya, ajang yang diselenggarakan hari Sabtu-Minggu, 1-2 Oktober 2016 ini mempertemukan konten budaya populer dari Barat, Timur, serta Indonesia.

Selain dengan penampilan Akira Kushida, Indonesia Comic Con kali ini semakin memanjakan penggemar anisong lawas dengan penampilan penyanyi anisong kawakan lainnya, Mitsuko Horie. Penyanyi yang juga berprofesi sebagai seiyuu ini telah menyanyikan lagu dan memerankan karakter-karakter di anime-anime seperti Ie Naki Ko Remi (Remi, Nobody’s Girl), Saint Seiya, Sailor Stars, Candy Candy, dan lain-lainnya. Dalam acara Indonesia Comic Con 2016, selain membawakan lagu-lagunya Mitsuko Horie juga berduet dengan Akira Kushida. Pada hari Minggu, 2 Oktober 2016, tim liputan lapangan KAORI Nusantara mendapatkan kesempatan untuk melakukan wawancara dengan penyanyi yang juga menjadi juri di acara Animax Anisong Grand Prix ini. Siapakah karakter favoritnya? Bagaimana pendapatnya mengenai anime dan seiyuu masa kini dibandingkan dengan masa lalu? Ikuti selengkapnya dalam wawancara berikut ini.

Dari semua karakter yang pernah disuarakan oleh Mitsuko Horie, karakter mana yang paling disukai?

Advertisement Inline

626faf0fb9d0db08615644aa9e953ed9f7863870_hq

Sulit memilihnya. Semuanya imut. Tapi kalau saya pikir ulang, saya paling suka karakter Hilda dari Saint Seiya dan Remi Barberin dari seri World Masterpiece Theater yang berjudul Ie Naki Ko Remi.

Mitsuko Horie sudah aktif selama beberapa dekade sebagai penyanyi. Apa yang membuat terus bersemangat untuk terus berkarya dan menyanyi?

Sejak saya debut sebagai penyanyi di umur 12 tahun, saya sudah menjadi penyanyi selama 47 tahun. Karena saya sudah menyanyi sejak kecil, menyanyi sudah menjadi kehidupan saya. Karena itu saya terus semangat.

dsc00684
Penampilan Mitsuko Horie masih powerful dan anggun

Setelah berkarir selama puluhan tahun sebagai seiyuu, menurut Mitsuko Horie, apa pebedaan seiyuu dulu dan sekarang? Dan siapa seiyuu favorit Mitsuko Horie dari generasi sekarang?

Pekerjaan seiyuu memang telah berubah. Dulu seiyuu hanya bekerja di belakang layar saja dengan mengisikan suara karakter. Tapi sekarang seiyuu juga merupakan idol, yang juga mengadakan konser atau menjual CD. Itu yang paling berbeda antara seiyuu sekarang dan dulu.

Menurut saya kemampuan akting seiyuu sekarang semakin baik. Walaupun tidak ada yang saya favoritkan, tapi saya bangga melihat seiyuu sekarang.

Menurut Mitsuko Horie, apa yang menjadi tantangan bagi penyanyi anisong sekarang?

Tantangan bagi yang ingin menjadi penyanyi anisong sekarang adalah bertemu dengan kesempatan yang baik, karena sekarang yang ingin menjadi penyanyi anisong semakin banyak. Kalau bisa bertemu dengan lagu yang baik, itu bisa menjadi jalan untuk menuju sukses. Jadi perlu semangat untuk terus belajar dan pantang menyerah.

Bagaimana suka duka Mitsuko Horie selama menjadi seiyuu dan penyanyi anisong?

Karena saya mulai menyanyi sejak kecil, penyanyi sudah menjadi identitas diri saya. Jadi semua suka dan duka dibawa enak saja, karena sudah menjadi bagian dari diri. Sementara sebagai seiyuu, yang menyenangkan adalah bagaimana saya dapat menghidupkan gambar karakter dengan suara. Tapi itu adalah pekerjaan yang dilakukan bersama-sama, tidak bisa dilakukan dengan pace sendiri, dan harus menyesuaikan dengan rekan kerja yang lain. Tapi itu juga menyenangkan.

Menurut Mitsuko Horie, apa perbedaan anime dulu dan sekarang? Dan anime apa yang mewakili atau menggambarkan zamannya masing-masing?

Anime zaman dulu peralihan dari satu scene ke scene lainnya pelan. Sementara anime sekarang pace-nya cepat dan dialognya juga cepat. Dan cara aktingnya juga beda.

Kalau dulu saat saya masih kecil, saya menonton Tetsuwan Atom (Astro Boy). Tapi kalau sekarang, anak laki-laki saya nontonnya Pokemon.

Dari semua lagu yang penah dinyanyikan oleh Mitsuko Horie, lagu mana yang paling difavoritkan?

candy1

Sulit untuk memilih satu yang paling saya sukai. Saya telah menyanyikan 1200 lagu selama karir saya, dan semuanya ibarat anak-anak saya sendiri. Tapi lagu yang paling banyak dikenal oleh orang adalah lagu Candy Candy.

KAORI Newsline | Teks oleh Halimun Muhammad | Foto oleh Halimun Muhammad dan Nugraha Dwi Angga

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.