Di tahun 2016 ini, Indonesia Comic Con kembali menghibur penggemar budaya populer di Jakarta. Ajang yang diselenggarakan oleh ReedPop ini masih bertempat di Jakarta Convention Center Hall A-B, Senayan, Jakarta. Seperti sebelumnya, ajang yang diselenggarakan hari Sabtu-Minggu, 1-2 Oktober 2016 ini mempertemukan konten budaya populer dari Barat, Timur, serta Indonesia.

Bagi penggemar drama tokusatsu dari era Showa, selain aktor veteran Hiroshi Fujioka (Kamen Rider #1, Segata Sanshiro) dan Hiroshi Watari (Space Sheriff Sharivan, Spielvan), salah satu bintang tamu Indonesia Comic Con yang pasti sudah tidak asing lagi adalah Akira Kushida. Penyanyi kawakan ini telah menyanyikan lagu dari berbagai seri tokusatsu dan juga anime mulai dari seri Space SheriffJiban, Taiyo Sentai Sun Vulcan, Xabungle, Kinnikuman dan masih banyak lagi. Dalam acara Indonesia Comic Con 2016, Akira Kushida mengajak penonton bernostalgia dengan lagu-lagu andalannya yang ia bawakan masih dengan penuh tenaga dan semangat; selain juga berduet dengan penyanyi veteran lainnya, Mitsuko Horie. Pada hari Minggu, 2 Oktober 2016, tim liputan lapangan KAORI Nusantara mendapatkan kesempatan untuk melakukan wawancara dengan penyanyi yang telah mewarnai masa kecil banyak penggemar budaya populer Jepang ini. Bagaimanakah Akira Kushida tetap tampil bersemangat di usia yang tidak muda lagi? Bagaimana pendapatnya mengenai tren industri musik sekarang? Serta apa rencana Akira Kushida ke depannya? Ikuti selengkapnya dalam wawancara berikut ini.

Bagaimana kesan Akira Kushida mengenai Jakarta?

Saya terkejut karena di Jakarta banyak gedung-gedung dengan bentuk-bentuk eksotik yang berbeda dari gedung-gedung yang ada di Jepang.

Advertisement Inline

Menurut Akira Kushida, apa keunikan dari theme song tokusatsu?

Saya sudah menyanyikan berbagai lagu untuk tokusatsu dan anime yang melodinya bebeda-beda. Ada yang semangat, ada yang mellow, dan sebagainya. Tapi semua dinyanyikan dengan perasaan yang sama.

Penampilan enerjik Akira Kushida disambut dengan semangat oleh penggemar
Penampilan enerjik Akira Kushida disambut dengan semangat oleh penggemar

Di usia yang sudah tidak muda lagi, bagaimana resep Akira Kushida agar tetap bisa menyanyi dengan bersemangat dan enerjik?

Yang terutama saya pikirkan adalah fans-fans yang menunggu-nunggu kedatangan dan penampilan saya. Demi fans yang telah menanti itu, saya menjadi terdorong untuk senantiasa melatih kondisi tubuh, otot, sebelum tampil di hadapan mereka.

Menurut Akira Kushida, bagaimana perkembangan tren industri musik di Jepang saat ini?

Menurut saya, untuk musik tokusatsu, anime, atau game yang sekarang ngetren banyak yang cuma berisik saja, tapi isinya aneh. Sebagian besar seperti itu, tapi tetap ada yang bagus.

Khusus untuk lagu hero, saya lihat sekarang suara penanyi cowoknya lebih berkarakter kawaii, tidak manly seperti dulu.

Nyanyian Akira Kushida tetap powerful setelah berkarir 47 tahun
Nyanyian Akira Kushida tetap powerful setelah berkarir 47 tahun

Bagaimana Akira Kushida menjaga suaranya?

Sebagai seorang penyanyi, suara itu bukan dijaga, tapi dilatih. Dan dari situ akan terhubung dengan perasaan juga.

Bagaimana kesan Akira Kushida tampil besama Mitsuko Horie?

Lagu yang saya nyanyikan tadi bersama Mitsuko Horie adalah lagu duet pertama kami. Selama ini, saya dan Mitsuko Horie sudah sering tampil di panggung yang sama, tapi tidak pernah berduet. Di Indonesia Comic Con inilah pertama kalinya kami berduet. Jadi ini pengalaman yang menarik.

Apa momen terbaik bagi Akira Kushida selama menjadi penyanyi?

Tidak ada momen yang paling tidak bisa dilupakan bagi saya. Pokoknya setiap momen saya bertemu dengan fans selalu merupakan momen terbaik bagi saya sebagai penyanyi.

p1280857

Apa rencana Akira Kushida dalam lima tahun ke depan?

Tidak perlu menunggu lima tahun. Tiga tahun lagi adalah peringatan 50 tahun karir saya sebagai penyanyi. Saat itu saya akan merilis album peringatan.

Seandainya Akira Kushida tidak ditakdirkan menjadi penyanyi, apa yang akan dilakukan?

Seandainya takdir saya bukan menjadi penyanyi, saya ingin menjadi pembalap, road racing dengan motor Harley. Saya sering mengendarai motor Harley di Jepang. Tapi saya tidak berani mengendarai motor besar seperti itu di Indonesia. Macet.

Taka! Tora! Batta!
Taka! Tora! Batta!

Akira Kushida juga penah menyuarakan OOO Driver dalam seri Kamen Rider OOO. Bagaimana ceritanya bisa mendapatkan peran tersebut?

Idenya muncul saat produser Kamen Rider OOO mendengarkan lagu Fuji Safari Park, yang juga sempat saya nyanyikan tadi. Karena Kamen Rider OOO itu temanya binatang, kemudian terpikir untuk mencoba menggunakan suara saya untuk menyanyikan nama-nama binatang itu. Dan ternyata dirasa pas sekali.

KAORI Newsline | Teks oleh Halimun Muhammad | Foto oleh Halimun Muhammad dan Nugraha Dwi Angga

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.